Home       Sitemap      English     

Info Finansial  > Tata Kelola Perusahaan
Tata Kelola Perusahaan
  

Laporan Pelaksanaan Good Corporate Governance

Dan

Kesimpulan  Umum Hasli Self Assesment Pelaksanaan Good Corporate Governance PT. Bank Bukopin Tbk
 
Selama periode tahun 2007 Bank Bukopin telah melaksanakan Good Corporate Governance sebagai berikut :
 
1. Pelaksanaan tugas dan tanggung jawab Dewan Komisaris dan Direksi :
 
a. Jumlah dan komposisi anggota Dewan Komisaris dan Direksi Bank Bukopin.
Dewan Komisaris

Dewan Komisaris terdiri dari 6 (enam) orang dengan komposisi seorang Komisaris Utama, 2 (dua) orang Komisaris dan 3 (tiga) orang Komisaris Independen, yang bertanggungjawab kepada Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS). Adapun susunan Dewan Komisaris Bank Bukopin sebagai berikut :
 

No.

Nama

Jabatan

1.

Saean Achmady Komisaris Utama

2.

Andi Chaeruddin Muhammad Komisaris

3.

Boediarso Teguh Widodo Komisaris

4.

Syamsul Effendi Komisaris Independen

5.

Sutrisno Iwantono Komisaris Independen

6.

Yoyok Sunaryo

Komisaris Independen

 
Direksi

Komposisi Direksi mencakup tujuh anggota, yang terdiri dari 1 (satu) Direktur Utama dan 6 (enam) Direktur. Seorang Direktur ditunjuk sebagai Direktur Kepatuhan yang bertanggungjawab memastikan bahwa Bank Bukopin telah memenuhi semua perundang-undangan dan peraturan yang berlaku, termasuk semua komitmen dan persetujuan yang telah dibuat dengan Bank Indonesia. Susunan Direksi Bank Bukopin sebagai berikut :

 

No.

Nama

Jabatan

1.

Glen Glenardi Direktur Utama

2.

Tri Joko Prihanto Direktur Keuangan & Perencanaan

3.

Agus Hernawan Direktur Pelayanan & Distribusi

4.

Sunaryono Direktur Manajemen Risiko, Kepatuhan dan Pengembangan SDM

5.

Sulistyohadi DS     Direktur Usaha Mikro, Kecil, Menengah dan Koperasi

6.

Lamira Septini Parwedi

Direktur Konsumer

7.

Mikrowa Kirana     Direktur Komersial
 
b. Kriteria dan independensi anggota Dewan Komisaris dan Direksi
Dewan Komisaris

Setiap anggota Dewan Komisaris dipilih dan diangkat dalam RUPS untuk masa jabatan empat tahun, dan masing-masing dapat dipilih kembali. Sesuai ketentuan Badan Pengawas Pasar Modal (Bapepam) dan peraturan Bursa Efek Indonesia (BEI), 3 (tiga) orang anggota Dewan Komisaris adalah Komisaris Independen, yang merupakan separuh atau lebih dari ketentuan 30% jumlah anggota Dewan Komisaris. Jumlah tersebut juga telah memenuhi ketentuan Bank Indonesia, yaitu minimal 50% dari jumlah anggota Dewan Komisaris.
 
Direksi

Setiap anggota Direksi dipilih dan diangkat dalam RUPS untuk masa jabatan empat tahun, dan masing-masing dapat dipilih kembali.

 

c. Tugas dan tanggung jawab Dewan Komisaris dan Direksi
Komisaris

Dewan Komisaris mempunyai tugas untuk melakukan pengawasan atas kebijakan yang diambil oleh Direksi dalam mengelola Bank; memberikan advis kepada Direksi sehubungan dengan tugas dan tanggung jawabnya, yang mencakup pelaksanaan review atas temuan Audit Internal dan memberikan rekomendasi tindak lanjut yang perlu dilakukan; memberikan masukan terkait persetujuan atas rencana strategi dan anggaran Bank, memonitor pelaksanaaan rencana dan pencapaian target usaha; serta memastikan kepatuhan Direksi terhadap prinsip-prinsip tata kelola perusahaan serta peraturan yang berlaku.
 
Direksi

Direksi bertanggungjawab menyusun arah dan strategi perusahaan dengan persetujuan dari Dewan Komisaris dan selanjutnya bertugas untuk menjalankan kepengurusan perusahaan dan pengelolaan usaha secara efisien, untuk kepentingan perusahaan dan sesuai dengan maksud serta tujuan perusahaan.

 

d. Rekomendasi Dewan Komisaris.
Selama periode laporan (tahun 2007) Dewan Komisaris memberikan rekomendasi kepada Direksi antara lain :
 
Menyetujui penerbitan pedoman prinsip mengenal nasabah Bank Bukopin. 
Memberikan persetujuan atas kredit-kredit diatas kewenangan direksi.
Untuk memperhatikan ukuran-ukuran tingkat kesehatan bank seperti LDR, NPL.
Untuk memperhatikan peningkatan pelayanan yang lebih baik disegala bidang dalam menghadapi kompetisi persaingan perbankan yang sangat ketat.
Untuk menyesuaikan anggaran dasar Bank Bukopin dengan diberlakukannya UU No.40 tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas.
2. Kelengkapan dan pelaksanaan tugas Komite-Komite
 
Dewan Komisaris telah membentuk tiga komite guna membantu pelaksanaan tugas dan tanggung jawabnya, yaitu Komite Audit, Komite Remunerasi dan Nominasi, serta Komite Pemantau Risiko sbb :
 
a. Komite Audit
Struktur, keanggotaan, keahlian dan independensi anggota Komite Audit Bank Bukopin adalah sbb :
 

No.

Nama

Jabatan

Keterangan

1.

Syamsul Effendi Ketua Komisaris Independen

2.

Sugijanto Anggota Pihak Independen

3.

Suratto Siswodihardjo Anggota Pihak Independen
 
Tugas dan tanggung jawab Komite Audit

Komite Audit mempunyai tugas utama memberikan pendapat profesional yang independen terhadap laporan atau hal-hal yang disampaikan oleh Direksi kepada Dewan Komisaris, dan membantu Dewan Komisaris dalam melaksanakan tugas-tugas yang mencakup penelaahan atas informasi keuangan dan kinerja yang akan dikeluarkan Perseroan, kepatuhan Perseroan terhadap peraturan perundang-undangan dibidang pasar modal maupun yang terkait dengan kegiatan Perseroan serta pelaksanaan pemeriksaan oleh auditor internal.

   
Frekuensi rapat Komite Audit

Selama tahun 2007, Komite Audit telah melakukan 15 kali rapat, dan sebagian besar membahas mengenai kegiatan operasional dan kinerja keuangan Bank Bukopin serta membahas temuan auditor eksternal maupun auditor internal.

 
Program Kerja Komite dan Realisasi.
 
Program Kerja Komite dan Realisasi Komite Audit periode tahun 2007 adalah sbb :
      

No

Program Kerja

Time Schedule

Realisasi

1.

Mereview Laporan Perkembangan Kinerja Usaha Bank & melaporkan ikhtisarnya sebagai bahan rapat Dekom dengan Direksi Jan - Des Jan - Des

2.

Mereview laporan-laporan hasil pemeriksaan SKAI dan menyimpulkan temuan-temuan yang signifikan untuk disampaikan kepada Dekom melalui laporan bulanan. Jan - Des Jan - Des

3.

Mereview melalui rapat dengan KAP mengenai pekerjaan lapangan audit dan membahas temuan-temuan hasil audit KAP tahun buku 2006. Jan - Feb Jan - Feb

4.

Mereview laporan audit final KAP tahun buku 2006 dan membahas konsep Management Letter KAP tahun buku 2006. Maret Maret

5.

Mengikhtisarkan masalah-masalah dalam Management Letter KAP tahun buku 2006 yang memerlukan tindak lanjut untuk disampaikan kepada Dekom. April April

6.

Menyusun bersama SKAI kriteria KAP yang akan melaksanakan audit umum laporan keuangan Bank tahun buku 2007, untuk disampaikan pada RUPS guna memperoleh pengesahan. April April
7. Melaksanakan review proses pelelangan pekerjaan audit umum laporan keuangan Bank tahun buku 2007 berdasarkan kriteria yang telah disahkan oleh RUPS. Juni Juni
8. Melakukan review terhadap strategi audit Laporan Konsolidasian Bank Tahun Buku 2007 oleh KAP.   Oktober Oktober
9. Melakukan tugas-tugas lain yang diberikan oleh Dekom - -
b. Komite Remunerasi dan Nominasi
Struktur, keanggotaan, keahlian dan independensi anggota Komite remunerasi dan nominasi Bank Bukopin adalah sbb : 
 

No

Nama

Jabatan

Keterangan

1.

Yoyok Sunaryo    Ketua Komisaris Independen

2.

Andi Chaeruddin Muhammad Anggota Komisaris

3.

Syamsul Effendi    Anggota Komisaris Independen
4. Boediarso Teguh Widodo Anggota    Komisaris
5. Mulyana    Anggota    Pejabat eksekutif
  
Tugas dan tanggung jawab Komite remunerasi dan nominasi.

Peran dan tanggung jawab Komite Remunerasi dan Nominasi terhadap kebijakan Remunerasi adalah melakukan evaluasi terhadap kebijakan remunerasi dan memberikan rekomendasi kepada Dewan Komisaris mengenai kebijakan remunerasi bagi Dewan Komisaris dan Direksi.

Selain itu juga memberikan rekomendasi mengenai kebijakan remunerasi bagi pejabat eksekutif dan karyawan secara keseluruhan untuk disampaikan kepada Dewan Komisaris dan Direksi.

Terhadap kebijakan Nominasi, Komite ini bertanggung jawab untuk menyusun dan memberikan rekomendasi mengenai sistem serta prosedur pemilihan dan/atau penggantian anggota Dewan Komisaris dan Direksi kepada Dewan Komisaris untuk disampaikan kepada RUPS.

 
Frekuensi rapat Komite remunerasi dan nominasi.

Selama tahun 2007, Komite Remunerasi dan Nominasi telah melakukan 1 (satu) kali rapat, yang membahas mengenai penyesuaian remunerasi yang diterima Dewan Komisaris dan Direksi dengan melibatkan lembaga independen.

Program kerja Komite remunerasi dan nominasi dan realisasinya.

Bersama dengan Dewan Komisaris, Komite Remunerasi dan Nominasi menyelenggarakan seleksi calon Direksi apabila ada pengangkatan baru atau penggantian Direksi, memberikan rekomendasi mengenai calon anggota Dewan Komisaris dan/atau kepada Direksi kepada Dewan Komisaris untuk disampaikan kepada RUPS, serta memberikan rekomendasi mengenai pihak independen yang akan menjadi anggota Komite Audit dan anggota Komite Pemantau Risiko kepada Dewan Komisaris.

 
Keterangan selengkapnya ( Download pdf )