Bank Bukopin Ditunjuk Jadi Bank Penerima Pajak Negara

Jakarta, 29 Januari 2016 – Bank Bukopin hari ini resmi mendapatkan kepercayaan dari Pemerintah untuk menjadi bank penerima pajak Negara melalui peluncuran Modul Penerimaan Negara (MPN) Generasi ke-2.

Seremoni peluncuran MPN Generasi ke-2 tersebut dilakukan di Kantor Pusat Bank Bukopin dan dihadiri oleh Kasubdit Manajemen Penerimaan dan Pengeluaran Kas, Ditjen Perbendaharaan Kementerian Keuangan, Arief Rahman Hakim dan jajaran direksi Bank Bukopin.

Direktur Pengembangan Bisnis & Teknologi Informasi PT Bank Bukopin, Tbk. Adhi Brahmantya mengatakan dengan peluncuran layanan MPN Generasi ke-2, pemerintah telah menunjuk Bank Bukopin sebagai Bank persepsi dalam melayani MPN Generasi ke-2 sesuai Keputusan Direktur Jenderal Perbendaharaan Nomor 19/PB/2016 yang dikeluarkan pada 18 Januari 2016.

SK tersebut menunjuk Bank Bukopin sebagai bank persepsi yang melaksanakan sistem penerimaan negara secara elektronik.

MPN Generasi 2 merupakan sistem penerimaan negara yang terintegrasi mencakup subsistem Billing, subsistem Settlement, dan subsistem Collecting Agent, pada prinsipnya dipergunakan untuk mencatat transaksi Penerimaan Negara dan mengolah data transaksi untuk menghasilkan laporan dan informasi secara transparan dan akuntabel sesuai Peraturan Menteri Keuangan Nomor 32/PMK.05/2014 dan Surat Dirjen Perbendaharaan No. S-4607/PB.6/2014.

“Dengan peluncuran Modul Penerimaan Negara Generasi 2 (MPN G2) ini, kami siap untuk mendukung kebijakan pemerintah, khususnya memberi akses secara mudah, cepat, dan fleksibel bagi masyarakat dalam hal penyetoran pajak ke negara,” ujar Adhi Brahmantya, hari ini.

Dengan terimplementasinya MPN Generasi ke- 2 di Bank Bukopin, antrian pembayaran pajak di loket bank akan berkurang. Di sisi lain, transparansi dan akuntabilitas penatausahaan keuangan Negara dapat meningkat dan proses rekonsiliasi menjadi lebih cepat.

“Bagi Bank Bukopin, layanan ini diharapkan tidak hanya membantu meningkatkan fee based income, tetapi juga memberikan pelayanan yang optimal dalam penerimaan Negara,” jelasnya.

General Manager Pengembangan Bisnis PT Bank Bukopin, Tbk. Rivan A. Purwantono mengatakan saat ini channel pembayaran MPN yang sudah siap dilayani Bank Bukopin adalah melalui teller dan ATM.

“Ke depannya pembayaran juga dapat dilakukan melalui channel E-Banking, EDC, dan melalui ponsel. Pengembangan berikutnya adalah melalui e-Tax (Bukopin Cash Management),” ujarnya.

Rivan menambahkan saat ini sebagian besar penerimaan pajak sudah dapat diakomodasi di Bank Bukopin, kecuali penerimaan pajak daerah dan PBB yang saat ini masih dalam tahap deployment.

“Dengan peluncuran MPN Generasi ke-2, kami berharap agar Bank Bukopin dapat menjadi Bank yang terpercaya dalam pelayanan penerimaan Negara”

 

Tentang Bank Bukopin

Bank Bukopin berdiri pada 10 Juli 1970. Sejalan dengan waktu, Bank Bukopin terus tumbuh dan berkembang hingga masuk ke dalam kelompok bank menengah di Indonesia. Bank Bukopin merupakan bank yang fokus pada segmen ritel, yang terdiri dari segmen UKM, mikro, dan konsumer serta didukung oleh segmen komersial.

Per 31 Desember 2015, saham Bank Bukopin dimiliki oleh Bosowa Corporindo (30,00%), Kopelindo (18,09%), Negara RI (11,43%), dan Publik (40,48%).

Sampai dengan 31 Desember 2015, Bank Bukopin telah beroperasi di 23 provinsi dengan 41 kantor cabang, 128 kantor cabang pembantu, 147 kantor kas, 90 kantor fungsional (layanan mikro) 37 payment point, serta 8 pick up service. Selain itu, Bank Bukopin juga memiliki 750 unit mesin ATM, 1.034 mini ATM, dan kartu ATM-nya terkoneksi dengan semua jaringan ATM di Indonesia yang meliputi lebih dari 55.500 unit. Seluruh kantor Bank Bukopin telah terhubung dalam satu jaringan real time online.

Sesuai dengan motto ‘Memahami dan Memberi Solusi’ Bank Bukopin senantiasa melakukan inovasi dan peningkatan layanan kepada para nasabahnya.

 

Untuk keterangan lebih lanjut dapat menghubungi:

Tantri Wulandari

Sekretaris Perusahaan

PT Bank Bukopin Tbk.

tantriw@bukopin.co.id.

Telp. + 62 21-7988266 ext 1107

Rivan A. Purwantono

GM Pengembangan Bisnis

PT Bank Bukopin, Tbk.

rivan@bukopin.co.id

Telp. + 6221 7988266 ext. 1650

Hp. 0816800200