Bank Bukopin - Sarana Multigriya Finansial Tandatangani Kerja Sama Pembiayaan KPR

Jakarta, 15 Agustus 2018 – PT Bank Bukopin Tbk dan PT Sarana Multigriya Finansial (SMF) hari ini menandatangani kerjasama pembiayaan terkait pembiayaan Kredit Pemilikan Rumah (KPR) di Kantor Pusat Bank Bukopin, Jakarta Selatan.

Hadir dalam acara penandatanganan perjanjian kerja sama, Direktur Utama Bank Bukopin Eko Rachmansyah Gindo, Direktur Komersial Bank Bukopin Mikrowa Kirana, Direktur Operasi & Teknologi Informasi Bank Bukopin Adhi Brahmantya, Direktur Keuangan & Perencanaan Bank Bukopin M. Rachmat Kaimuddin, Direktur Utama SMF Ananta Wiyogo, Direktur Sekuritisasi & Pembiayaan SMF Heliantopo, Direktur Manajemen Risiko & Operasional SMF Trisnadi Yulrisman, serta jajaran manajemen lain dari kedua perusahaan.

Direktur Utama SMF Ananta Wiyogo menjelaskan selain untuk merespon semakin tingginya permintaan kebutuhan pembiayaan kepemilikan rumah yang layak huni, kerja sama ini ditujukan guna mendukung percepatan Program Satu Juta Rumah yang dicanangkan oleh Pemerintah.

“Masyarakat menengah ke bawah memerlukan angsuran yang terjangkau dengan jumlah yang tetap. Hal tersebut dapat dicapai melalui dua hal, yakni dengan menggunakan dana jangka panjang, serta tingkat suku bunganya tetap sehingga angsurannya tetap. Disinilah SMF menunjukkan kontribusinya sebagai BUMN penyedia dana jangka panjang untuk perumahan,” jelas Ananta.

Direktur Utama Bank Bukopin Eko Rachmansyah Gindo menyambut baik kerja sama antara Bank Bukopin dengan SMF. Dia berharap kerja sama ini dapat mendorong pengembangan pasar pembiayaan perumahan dan dapat mendukung rencana ekspansi kredit Bank Bukopin khususnya dalam penyaluran KPR.

“Rencananya kerja sama antara Bank Bukopin dengan SMF akan berlangsung selama 3 tahun dan kami optimistis Bank Bukopin juga dapat mendukung perluasan jangkauan pembiayaan sekunder perumahan di Indonesia yang dilakukan oleh perusahaan pembiayaan seperti SMF,” lanjut Eko.

Tentang Bank Bukopin

PT Bank Bukopin Tbk (“Bank Bukopin”) adalah perusahaan yang bergerak di bidang perbankan. Didirikan pada tanggal 10 Juli 1970 dengan nama Bank Umum Koperasi Indonesia, Bank Bukopin tercatat di Bursa Efek Indonesia sejak tahun 2006 dengan kode emiten BBKP.

Bank Bukopin merupakan bank yang fokus pada segmen ritel, yang terdiri dari segmen Mikro, UKM, dan Konsumer serta didukung oleh segmen Komersial. Sesuai dengan moto ‘Memahami dan Memberi Solusi’, Bank Bukopin senantiasa melakukan inovasi dan peningkatan layanan kepada para nasabahnya dengan melakukan modernisasi infrastruktur TI serta menyiapkan beragam produk dan layanan berbasis perbankan digital seperti aplikasi Bukopin Mobile, B Wallet, dan tabungan digital Wokee.

Saham Bank Bukopin dimiliki Bosowa Corporindo (23,4%), KB Kookmin Bank (22,0%), Koperasi Pegawai Bulog Seluruh Indonesia/KOPELINDO (11,5%), Negara RI (8,9%), dan Publik (34,2%).

Hingga Juni 2018, Bank Bukopin beroperasi di 24 provinsi, dengan 43 kantor cabang utama, 175 kantor cabang pembantu, 104 kantor kas, dan 867 mesin ATM.

Tentang PT Sarana Multigriya Finansial (SMF)

SMF merupakan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang didirikan tahun 2005 di bawah Kementerian Keuangan, yang mengemban tugas sebagai special mission vehicle (SMV) untuk membangun dan mengembangkan Pasar Sekunder Pembiayaan Perumahan. SMF memiliki kontribusi penting dalam menyediakan dana menengah panjang bagi pembiayaan perumahan melalui kegiatan sekuritisasi, dan pembiayaan.

SMF memiliki peringkat AAA untuk korporasi yang diperoleh dari PT Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo) dan Fitch Rating. Peringkat tersebut merupakan peringkat tertinggi yang menunjukkan kemampuan SMF untuk memenuhi komitmen keuangan jangka panjangnya, serta profil permodalan yang sangat kuat, dengan didukung oleh kualitas aset yang sangat baik. Peringkat tersebut juga mencerminkan tingkat dukungan yang sangat kuat dari Pemerintah Indonesia.

Tahun 2018 ini SMF akan fokus memperkuat perannya sebagai fiscal tools Pemerintah melalui penguatan bisnis Perseroan. Hal tersebut akan dilakukan melalui peningkatan aliran dana dari pasar modal ke sektor pembiayaan perumahan serta memperluas akses terhadap sumber dana murah jangka panjang.

Untuk keterangan lebih lanjut dapat menghubungi:

Ariesyanti Budi Pratiwi                                                Bonai Subiakto

    Sekretaris Perusahaan                                                   Sekretaris Perusahaan

    PT Bank Bukopin Tbk                                                     PT Sarana Multigriya Finansial

    Email: corsec@bukopin.co.id;                                         Email: bsubiakto@smf-indonesia.co.id

    Telp. + 6221-7988266; Hp. + 6282110448877                     Telp. + 6221-2700400; Hp.+6281511804007

                                                                                       www.smf-indonesia.co.id

2. Rahmaniyah Hazat                                                      

    Kepala Divisi Pengembangan Produk Kredit Konsumer      

    PT Bank Bukopin Tbk                                                        

    Email: rahmaniyah.hazat@bukopin.co.id;                           

    Telp. + 6221-7988266; Hp. + 628122211670                       

     www.bukopin.co.id