Bank Bukopin Dukung Pengembangan Aplikasi Layanan Samsat Online Nasional

DENPASAR, 15 November 2018 – Bank Bukopin menjadi salah satu bank yang dipercaya untuk mengembangkan aplikasi layanan Samsat Online secara nasional. Fitur baru tersebut semakin memperkuat posisioning Bank Bukopin dalam penyediaan layanan pembayaran public utilities.

Penandatanganan Nota Kesepahaman Pengembangan Dan Pemanfaatan Aplikasi Layanan Samsat Online Nasional dilakukan pada hari ini disela-sela acara Rakor Tim Pembina Samsat Tingkat Nasional di Denpasar, Bali. Kerja sama tersebut melibatkan tiga pihak, yaitu Kepolisian Negara RI, Kementerian Dalam Negeri, dan PT Jasa Raharja (Persero) sebagai Pihak Pertama, Pemda dari 23 provinsi sebagai Pihak Kedua, serta kalangan perbankan, termasuk Bank Bukopin, sebagai pihak ketiga.

Sebelumnya Bank Bukopin telah dipercaya melayani pembayaran eSamsat pada provinsi DKI Jakarta. Melalui kerja sama ini, Bank Bukopin saat ini telah melayani pembayaran eSamsat secara di nasional.

Direktur Konsumer PT Bank Bukopin Tbk Rivan A Purwantono mengungkapkan melalui kerja sama pengembangan aplikasi layanan Samsat online Nasional, Bank Bukopin berharap akan dapat semakin menyediakan fitur layanan pembayaran yang lengkap bagi masyarakat.

“Secara bisnis pengembangan fitur ini merupakan bagian dari strategi Perseroan untuk menggenjot pendapatan dari pos fee based income,” ujarnya hari ini.

Di samping meningkatkan layanan pembayaran public utilities, Rivan menjelaskan pengembangan aplikasi layanan Samsat online ini juga merupakan bagian dari strategi Bank Bukopin untuk memberkuat bisnis perbankan digital.

Untuk tahap awal, Bank Bukopin menyediakan saluran pembayaran layanan Samsat online melalui Bukopinet yang merupakan rebranding dari layanan PPOB yang telah dikembangkan Bank Bukopin sejak tahun 2007.

Pada tahun 2017, layanan PPOB Bank Bukopin telah memiliki jaringan hingga 30.000 agen/loket yang tersebar di seluruh Indonesia. Dengan jangkauan yang luas tersebut, diharapkan masyarakat semakin mudah mengakses layanan aplikasi eSamsat secaara nasional.

Pada tahap berikutnya, aplikasi pembayaran Samsat online nasional ini juga akan dilayani oleh Bank Bukopin melalui layanan aplikasi perbankan digital Wokee.

Tentang Bank Bukopin

PT Bank Bukopin Tbk (“Bank Bukopin”) adalah perusahaan yang bergerak di bidang perbankan. Didirikan pada tanggal 10 Juli 1970 dengan nama Bank Umum Koperasi Indonesia, Bank Bukopin tercatat di Bursa Efek Indonesia sejak tahun 2006 dengan kode emiten BBKP.

Bank Bukopin merupakan bank yang fokus pada segmen ritel, yang terdiri dari segmen Mikro, UKM, dan Konsumer serta didukung oleh segmen Komersial. Sesuai dengan moto „Memahami dan Memberi Solusi?, Bank Bukopin senantiasa melakukan inovasi dan peningkatan layanan kepada para nasabah dengan melakukan modernisasi infrastruktur TI serta menyiapkan beragam produk dan layanan berbasis perbankan digital seperti aplikasi Bukopin Mobile, B Wallet, dan tabungan digital Wokee.

Per 31 Oktober 2018, saham Bank Bukopin dimiliki oleh Bosowa Corporindo (23,4%), KB Kookmin Bank (22,0%), Koperasi Pegawai Bulog Seluruh Indonesia/KOPELINDO (11,5%), Negara RI (8,9%), dan Publik (34,2%).

Bank Bukopin beroperasi di 23 provinsi, dengan 43 kantor cabang utama, 175 kantor cabang pembantu, 104 kantor kas, dan 867 mesin ATM.

 

Untuk keterangan lebih lanjut dapat menghubungi :

Ariesyanti Budi Pratiwi

Sekretaris Perusahaan

PT Bank Bukopin Tbk

Email: corsec@bukopin.co.id;

Telp. + 6221-7988266;

Hp. + 6282110448877

Febrina Sri Wahyuni

Kepala Divisi Perbankan Digital & E-Channel

PT Bank Bukopin Tbk 

Email: febrina.wahyuni@bukopin.co.id

Telp. + 6221-7988266