Bank Bukopin – PLN Kerja Sama Transaksi Nontunai dan Bank Garansi

JAKARTA, 14 Desember 2018 – Bank Bukopin dan PLN hari ini menandatangani perjanjian kerja sama program penggunaan cashless/nontunai untuk transaksi internal dan kerja sama penerbitan Bank Garansi.

Bank Bukopin mendapat kepercayaan dan terpilih sebagai salah satu dari 14 bank lainnya sebagai penerbit jaminan untuk proyek pengadaan PLN.

Penandatanganan kerja sama penerbit jaminan dilakukan oleh Executive Vice President Treasury PT PLN (Persero) Iskandar dan Direktur Operasi & Teknologi Informasi PT Bank Bukopin Tbk Adhi Brahmantya, sedangkan penandatanganan kerja sama program cashless dilakukan oleh Kepala Divisi Komersial I Bank Bukopin Nofran Dwinata.

Hadir juga dalam acara kerja sama tersebut Direktur Komersial Bank Bukopin Mikrowa Kirana beserta sejumlah pejabat lainnya.

Adhi Brahmantya menjelaskan bahwa penandatanganan kerja sama antara kedua perusahaan meliputi penyediaan layanan biaya perjalanan dinas ke luar negeri dan uang muka (persekot) untuk biaya lain-lain terkait kebutuhan dinas tersebut dalam bentuk cashcard.

“Bentuk penyediaan layanan SPPD luar negeri yang diberikan oleh Bank Bukopin adalah dengan mengakomodir kebutuhan pencairan dana biaya perjalanan dinas ke luar negeri (SPPD) PLN dalam mata uang US Dollar dan layanan cashcard persekot dinas,” ujarnya.

PLN meluncurkan program cashless sebagai bentuk akuntabilitas dan penerapan prinsip transparansi, dimana segala bentuk transaksi dan belanja rumah tangga PLN menggunakan metode pembayaran cashless.

Program cashless tersebut dilakukan dengan menggandeng beberapa bank termasuk diantaranya Bank Bukopin sebagai bank mitra PLN dan merupakan salah satu upaya untuk memperkuat sinergi diantara kedua perusahaan.

Untuk kerja sama penerbit jaminan, Bank Bukopin dipercaya sebagai penjamin proyek pengadaan PLN yang nantinya ditangani oleh vendor/kontraktor yang ditunjuk oleh PLN.

Melalui kerja sama penerbitan Bank Garansi dan program cashless tersebut Bank Bukopin berharap dapat semakin meningkatkan pendapatan dari sisi fee based.

PLN merupakan salah satu mitra strategis Bank Bukopin. Sebelumnya, Bank Bukopin juga telah menyediakan layanan pembayaran tagihan listrik secara host to host melalui jaringan Payment Point Online Bukopin (PPOB) yang sejak bulan lalu di-rebranding menjadi Bukopinet. Bank Bukopin juga menyediakan layanan pembiayaan tagihan listrik bagi pelanggan korporasi PLN melalui layanan Flexy Bill.

Tentang Bank Bukopin

PT Bank Bukopin Tbk (“Bank Bukopin”) adalah perusahaan yang bergerak di bidang perbankan. Didirikan pada tanggal 10 Juli 1970 dengan nama Bank Umum Koperasi Indonesia, Bank Bukopin tercatat di Bursa Efek Indonesia sejak tahun 2006 dengan kode emiten BBKP.

Bank Bukopin merupakan bank yang fokus pada segmen ritel, yang terdiri dari segmen Mikro, UKM, dan Konsumer serta didukung oleh segmen Komersial. Sesuai dengan moto „Memahami dan Memberi Solusi?, Bank Bukopin senantiasa melakukan inovasi dan peningkatan layanan kepada para nasabah dengan melakukan modernisasi infrastruktur TI serta menyiapkan beragam produk dan layanan berbasis perbankan digital seperti aplikasi Bukopin Mobile, B Wallet, dan tabungan digital Wokee.

Per 30 November 2018, saham Bank Bukopin dimiliki oleh Bosowa Corporindo (23,4%), KB Kookmin Bank (22,0%), Koperasi Pegawai Bulog Seluruh Indonesia/KOPELINDO (11,5%), Negara RI (8,9%), dan Publik (34,2%).

Bank Bukopin beroperasi di 23 provinsi, dengan 43 kantor cabang utama, 175 kantor cabang pembantu, 104 kantor kas, dan 867 mesin ATM.

 Untuk keterangan lebih lanjut dapat menghubungi :

Ariesyanti Budi Pratiwi

Sekretaris Perusahaan

PT Bank Bukopin Tbk

Email: corsec@bukopin.co.id;

Telp. + 6221-7988266;

Hp. + 6282110448877

 

Nofran Dwinata

Kepala Divisi Komersial I  

PT Bank Bukopin Tbk

Email: nofran.dwinata@bukopin.co.id

Telp. + 6221-7988266;

Telp. +62812-8818282