OJK-Bank Bukopin Dukung Ikrar Aksi Pelajar Indonesia Menabung

 

JAKARTA, 2 Mei 2019 - Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Bank Bukopin bersama industri perbankan dan sejumlah kementerian/lembaga terkait hari ini menggelar kegiatan SimPel Day 2019 dengan tema “Mewujudkan Generasi Pelajar Cerdas dan Gemar Menabung”.

Kegiatan yang mengusung tagline “Aku Pelajar, Aku Generasi SimPel” tersebut dihadiri oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia Darmin Nasution, Ketua Dewan Komisioner OJK Wimboh Santoso, pelaku industri perbankan, termasuk diantaranya Direktur Utama PT Bank Bukopin Tbk Eko Rachmansyah Gindo.

Dengan mengambil momentum Hari Pendidikan Nasional, dalam kegiatan SimPel Day 2019 dilakukan “Ikrar Aksi Pelajar Indonesia Menabung” oleh ribuan pelajar dari siswa SD, SMP dan SMA/sederajat sebagai simbolisasi komitmen dan semangat para pelajar untuk melaksanakan budaya menabung sejak dini serta mendukung Aksi Indonesia Menabung. Pelaksanaan ikrar ini juga dilakukan secara serentak di seluruh wilayah Indonesia.

Direktur Utama Bank Bukopin Eko Rachmansyah Gindo mengatakan pelaksanaan kegiatan SimPel Day diharapkan dapat memberikan dampak yang positif khususnya dalam perluasan akses keuangan bagi pelajar diseluruh Indonesia serta mendukung pencapaian target tingkat inklusi keuangan sebesar 75% pada akhir tahun 2019 sebagaimana tercantum dalam SNKI.

“Pelaksanaan kegiatan SimPel Day diharapkan dapat semakin memperkuat komitmen dan dukungan dari seluruh stakeholders untuk menumbuhkan budaya menabung bagi pelajar Indonesia sekaligus untuk mendorong terwujudnya kepemilikan rekening bagi seluruh pelajar di Indonesia, yaitu program one student one account,” ujarnya hari ini.

Aksi SimPel Day adalah bagian dari implementasi Peraturan Presiden Republik Indonesia (Perpres) Nomor 82 Tahun 2016 tentang Strategi Nasional Keuangan Inklusif (SNKI) dan untuk meningkatkan penerapan program Simpanan Pelajar (SimPel/SimPel iB). Kegiatan tersebut merupakan rangkaian acara dalam menyambut Hari Indonesia Menabung dengan konsep kegiatan yang mencakup Declaration, Competition, Acquisition dan Edutainment.

Simpanan Pelajar (SimPel/SimPel iB) adalah produk tabungan yang diinisiasi oleh OJK untuk pelajar yang diterbitkan secara nasional oleh bank-bank di Indonesia, dengan persyaratan mudah dan sederhana serta fitur yang menarik, dalam rangka edukasi dan inklusi keuangan untuk mendorong budaya menabung sejak dini.

Produk SimPel/SimPel iB merupakan tabungan perorangan untuk siswa Warga Negara Indonesia (WNI) yang diperuntukkan bagi siswa PAUD, TK, SD, SMP, SMA, Madrasah (MI, MTs, MA) atau sederajat, yang berusia di bawah 17 tahun dan belum memiliki KTP.

Sejak diluncurkan oleh Presiden Republik Indonesia tahun 2015, program SimPel/SimPel iB saat ini telah diikuti oleh 304 bank yang terdiri dari 20 Bank Umum, 11 Bank Umum Syariah, 24 Bank Pembangunan Daerah dan 249 BPR/BPR Syariah.

 

Tentang Bank Bukopin

PT Bank Bukopin Tbk (“Bank Bukopin”) adalah perusahaan yang bergerak di bidang perbankan. Didirikan pada tanggal 10 Juli 1970 dengan nama Bank Umum Koperasi Indonesia, Bank Bukopin tercatat di Bursa Efek Indonesia sejak tahun 2006 dengan kode emiten BBKP.

Bank Bukopin merupakan bank yang fokus pada segmen ritel, yang terdiri dari segmen Mikro, UKM, dan Konsumer serta didukung oleh segmen Komersial. Sesuai dengan moto “Memahami dan Memberi Solusi”, Bank Bukopin senantiasa melakukan inovasi dan peningkatan layanan kepada para nasabah dengan melakukan modernisasi infrastruktur TI serta menyiapkan beragam produk dan layanan berbasis perbankan digital seperti aplikasi Bukopin Mobile, B Wallet, dan tabungan digital Wokee.

Per 30 April 2019, saham Bank Bukopin dimiliki oleh Bosowa Corporindo (23,4%), KB Kookmin Bank (22,0%), Koperasi Pegawai Bulog Seluruh Indonesia/KOPELINDO (11,3%), Negara RI (8,9%), dan Publik (34,4%).

Bank Bukopin beroperasi di 23 provinsi, dengan 43 kantor cabang utama, 175 kantor cabang pembantu, 100 kantor kas, dan 844 mesin ATM.

 

Untuk informasi lebih lanjut hubungi:

Ariesyanti Budi Pratiwi Indra Adestira
Sekretaris Perusahaan Kepala Divisi Komunikasi Pemasaran
PT Bank Bukopin Tbk PT Bank Bukopin Tbk
Email: corsec@bukopin.co.id Email: indra.adestira@bukopin.co.id
Telp. +6221-7988266 ext.1107 Telp. +6221-7988266 ext.1505
Hp. +6282110448877 Hp. +6281280570077