Bank Bukopin – Carkliik Kerja Sama, Showroom Financing Kendaraan Bermotor

 

Jakarta, 21 Mei 2019 - PT Bank Bukopin Tbk dan PT Berkah Samitra Mulya (pengelola aplikasi jual beli otomotif Carkliik) menyepakati kerja sama dalam penyaluran pembiayaan kendaraan bermotor kepada showroom mobil bekas mitra Carkliik.

Penadatanganan Perjanjian Kerja sama dilakukan pada hari ini oleh Direktur UMKM PT Bank Bukopin Tbk Heri Purwanto dengan Direktur Utama PT Berkah Samitra Mulya Januar Marcelo dan direncanakan akan berlangsung selama 2 tahun.

“Kerja sama pembiayaan ini rencananya akan dilakukan untuk membiayai 590 Showroom yang terdapat di Jabodetabek dan sekitar 8.000 showroom lainnya yang berada di luar Jabodetabek,” ujar Heri Purwanto, hari ini.

Carkliik merupakan platform berbasis aplikasi smartphone yang menawarkan jasa lelang kendaraan dan jual beli kendaraan dan telah menjalankan kerja sama dengan 40 mitra showroom mobil yang berlokasi di Jakarta selatan.

Saat ini Carkliik telah bekerja sama dengan sebanyak 40 showroom mobil bekas dan diharapkan ke depannya akan terus bertambah. Heri optimistis melalui kerja sama pembiayaan showroom pada tahap awal diharapkan dapat mendorong peningkatan kredit UMKM sebesar Rp50 miliar.

Fasilitas pembiayaan yang diberikan kepada masing-masing showroom maksimal sebesar Rp2,5 miliar dengan bunga yang kompetitif, persyaratan yang mudah dan tambahan garansi untuk kendaraan yang dijual oleh mitra showroom sebesar Rp30 juta selama satu tahun.

Kerja sama yang telah dilakukan antara Carkliik dan mitra showroom meliputi penambahan stok kendaraan, pemasaran/iklan kendaraan melalui aplikasi carkliik, pemberian garansi kendaraan (spare part) kepada end user untuk unit kendaraan yang dibeli dari mitra carkliik.

Perjanjian Kerja Sama ini juga melibatkan Bukopin Finance sebagai anak perusahaan Bank Bukopin. Melalui kerja sama tersebut Bukopin Finance berperan menyalurkan Kredit Kepemilikan Kendaraan Bermotor kepada End User melalui kerja sama kepada masing-masing showroom mitra Carkliik.

Bank Bukopin terus memacu pertumbuhan bisnis ritel, termasuk melalui segmen konsumer. Untuk meningkatkan penyaluran pembiayaan kendaraan bermotor, sejak tahun lalu Bank Bukopin telah gencar melakukan sinergi dengan Bukopin Finance.

 

Tentang Bank Bukopin

PT Bank Bukopin Tbk (“Bank Bukopin”) adalah perusahaan yang bergerak di bidang perbankan. Didirikan pada tanggal 10 Juli 1970 dengan nama Bank Umum Koperasi Indonesia, Bank Bukopin tercatat di Bursa Efek Indonesia sejak tahun 2006 dengan kode emiten BBKP.

Bank Bukopin merupakan bank yang fokus pada segmen ritel, yang terdiri dari segmen Mikro, UKM, dan Konsumer serta didukung oleh segmen Komersial. Sesuai dengan moto “Memahami dan Memberi Solusi”, Bank Bukopin senantiasa melakukan inovasi dan peningkatan layanan kepada para nasabah dengan melakukan modernisasi infrastruktur TI serta menyiapkan beragam produk dan layanan berbasis perbankan digital seperti aplikasi Bukopin Mobile, B Wallet, dan tabungan digital Wokee.

Per 30 April 2019, saham Bank Bukopin dimiliki oleh Bosowa Corporindo (23,4%), KB Kookmin Bank (22,0%), Koperasi Pegawai Bulog Seluruh Indonesia/KOPELINDO (11,3%), Negara RI (8,9%), dan Publik (34,4%).

Bank Bukopin beroperasi di 23 provinsi, dengan 43 kantor cabang utama, 175 kantor cabang pembantu, 100 kantor kas, dan 844 mesin ATM.

 

Untuk keterangan lebih lanjut dapat menghubungi :

Ariesyanti Budi Pratiwi Didik Zaenal Faizin
Sekretaris Perusahaan Branch Manager Cabang Sentraya
PT Bank Bukopin Tbk PT Bank Bukopin Tbk
Email: corsec@bukopin.co.id Email: didik.faizin@bukopin.co.id
Telp. +6221-7988266 ext.1107 Telp. +6221-27881844
Hp. +6282110448877 Hp. +628113807007