Press Release Launching BUKU (Bukopin Kiriman Uang)

Persiapan Branchless Banking

Bank Bukopin Luncurkan Layanan Kiriman Uang

Bandung, 1 April 2015 – Bank Bukopin hari ini resmi meluncurkan layanan terbarunya yang diberi nama BUKU (Bukopin Kiriman Uang). Layanan tersebut merupakan bagian dari program branchless banking yang disiapkan Bank Bukopin.

Acara peluncuran BUKU dilakukan oleh Direktur Pengembangan Bisnis & Teknologi Informasi Bank Bukopin Adhi Brahmantya di Bank SAMICI, Cisangkan Padasuka, Cimahi Tengah, Bandung, Jawa Barat. Acara tersebut juga dihadiri oleh Direktur Retail Bank Bukopin Agus Hernawan, General Manager Bisnis Regional II Bank Bukopin Aris Wahyudi, dan General Manager Pengembangan Bisnis Bank Bukopin Rivan A. Purwantono.

Direktur Pengembangan Bisnis & Teknologi Informasi Bank Bukopin Adhi Brahmantya mengatakan layanan BUKU dikembangkan oleh Bank Bukopin untuk memudahkan masyarakat melakukan pengiriman uang tanpa harus memiliki rekening di Bank Bukopin. Melalui layanan tersebut, masyarakat dapat mengirimkan dan mengambil dana yang dikirimkan melalui loket payment point online bank (PPOB) Bukopin yang ditunjuk dan tersebar di seluruh Indonesia.

“Melalui layanan ini, nasabah cukup datang ke loket PPOB, mengisi formulir, menyetorkan dana yang akan dikirim, lalu nasabah akan menerima bukti pengiriman dan SMS notifikasi dan token melalui ponselnya,” ujarnya hari ini.

Sebaliknya, penerima uang juga akan menerima SMS notifikasi dan token yang dilengkapi dengan kode tertentu untuk mencairkan uang yang diterima di Loket PPOB Bukopin yang ditunjuk.

Layanan BUKU diselenggarakan melalui kerja sama dengan Collecting Agent, yaitu perusahaan yang membawahi loket-loket PPOB Bukopin, yang sudah lebih dari 3 tahun bekerja sama untuk melayani pembayaran tagihan PLN, PDAM, tiket pesawat, tiket kereta api dan beragam transaksi lainnya.

Bank Bukopin menargetkan dapat mengoperasikan 1.000 unit loket BUKU pada tahun ini. Menurut Adhi Brahmantya, layanan BUKU diharapkan juga dapat meningkatkan Fee Based Income Bank Bukopin.

“Sesuai dengan Rencana Bisnis 2015, layanan BUKU merupakan bentuk partisipasi Bank Bukopin dalam layanan Branchless Banking. Branchless Banking atau Layanan Keuangan Tanpa Kantor merupakan bagian dari Keuangan Inklusif (Laku Pandai), sesuai dengan Peraturan OJK No. 19/POJK.03/2014,” tambah Adhi.

Sampai dengan Desember 2014, asset Bank Bukopin mencapai Rp79,1 triliun, tumbuh 13,81% dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya. Kredit yang disalurkan perseroan sepanjang 2014 tumbuh 14,04% menjadi Rp 55,3 triliun, sementara dana pihak ketiga meningkat 17,14% jadi Rp 65,4 triliun.

Dengan pencapaian tersebut, per Desember 2014 Bank Bukopin mencatatkan laba (sebelum pajak) sebesar Rp 971 miliar.

 

Sekilas mengenai Bank Bukopin

Bank Bukopin berdiri pada 10 Juli 1970. Sejalan dengan waktu, Bank Bukopin terus tumbuh dan berkembang hingga masuk ke dalam kelompok bank menengah di Indonesia. Bank Bukopin merupakan bank yang fokus pada segmen ritel, terdiri atas sektor UKM, mikro, dan konsumer serta pada segmen komersial.

Per Desember 2014, saham Bank Bukopin dimiliki oleh Kopelindo (25,66%), Bosowa Corporindo (22,42%), Negara RI (11,43%), dan Publik (40,49%).

Sampai saat ini Bank Bukopin beroperasi di 22 provinsi, memiliki 40 kantor cabang, 121 kantor cabang pembantu, 145 kantor kas, 86 kantor fungsional (layanan mikro) 39payment point, serta 8 pick up service.

Seluruh kantor Bank Bukopin telah terhubung dalam satu jaringan real time online. Untuk mendukung layanan ke nasabah, Bank Bukopin juga mengoperasikan 614 mesin ATM dan 2.040 perangkat mini ATM. Kartu ATM Bukopin terkoneksi dengan seluruh jaringan ATM BCA Prima, ATM Bersama dan Plus di Indonesia.

Sesuai dengan motto ‘Memahami dan Memberi Solusi’ Bank Bukopin senantiasa melakukan inovasi dan peningkatan layanan kepada para nasabahnya.

Untuk informasi lebih lanjut silakan menghubungi:

Tantri Wulandari
Sekretaris Perusahaan
PT Bank Bukopin Tbk.
corsec@bukopin.co.id
Telp. +62 21-7988266 ext 1107
Hp.+62816934964
Rivan A Purwantono
G M Pengembangan Bisnis
PT Bank Bukopin Tbk.
rivantono@bukopin.co.id
Telp.+ 6221-7988266 ext 1650
Hp.+62816800200