Bank Bukopin menargetkan peningkatan fee based income 20%-30% dengan dioperasikannya aplikasi layanan Samsat Online Nasional.

 

JAKARTA, 27 Agustus 2019 - Bank Bukopin menjadi salah satu bank yang dipercaya untuk mengembangkan aplikasi layanan Samsat Online secara nasional.

Samsat Online Nasional (Samolnas) merupakan layanan jaringan elektronik yang diselenggarakan Tim Pembina Samsat Nasional berdasarkan Peraturan Perundangundangan Republik Indonesia dalam hal pengesahan STNK (Surat Tanda Nomor Kendaraan) tahunan dan pembayaran secara online Pajak Kendaraan Bermotor yang dapat dilakukan melalui bank yang ditunjuk di seluruh Indonesia.

Sebelumnya pada tanggal 15 November 2018 telah dilakukan Penandatanganan Nota Kesepahaman Pengembangan Dan Pemanfaatan Aplikasi Layanan Samsat Online Nasional pada acara Rakor Tim Pembina Samsat Tingkat Nasional di Denpasar, Bali.

Kerja sama tersebut melibatkan tiga pihak, yaitu yaitu Korps Lalu Lintas Kepolisian Negara RI, Kementerian Dalam Negeri, dan PT Jasa Raharja (Persero) sebagai Pihak Pertama, Pemerintah Daerah dari 23 provinsi sebagai Pihak Kedua, serta kalangan perbankan, termasuk Bank Bukopin sebagai pihak ketiga.

Direktur Konsumer Bank Bukopin Rivan A. Purwantono mengatakan layanan Samsat Online berperan untuk menyediakan fitur layanan pembayaran yang lengkap bagi masyarakat, sekaligus memperkuat posisi Bank Bukopin dalam penyediaan layanan pembayaran utilitas publik serta sebagai bagian dari strategi Bank Bukopin untuk memperkuat bisnis perbankan digital.

“Layanan Samsat Online Nasional ini merupakan bagian dari sinergi Bank Bukopin dengan Samsat sebagai mitra strategis,” jelas Rivan pada hari ini.

Bank Bukopin menyediakan saluran pembayaran layanan Samsat online melalui channel Bank Bukopin, yaitu ATM dan Bukopinet berbasis web maupun mobile smartphone.

Bukopinet merupakan rebranding dari layanan PPOB (Payment Point Online Bukopin) yang telah dikembangkan Bank Bukopin sejak tahun 2007. Aplikasi Bukopinet dijalankan melalui kerja sama bisnis kemitraan Collecting Agent (CA) maupun Direct Agent.

Inovasi yang terdapat pada aplikasi Bukopinet dibandingkan layanan PPOB sebelumnya terlihat pada aspek mobilitas. Jika sebelumnya transaksi hanya dapat dilakukan melalui loket PPOB menggunakan aplikasi web, kini beragam transaksi itu dapat dilakukan secara mobile menggunakan smartphone.

Kepala Divisi Perbankan Digital dan Electronic Channel Febrina Sri Wahyuni menjelaskan melalui kerja sama pengembangan aplikasi layanan Samsat online Nasional, Bank Bukopin berharap dapat meningkatkan kepuasan masyarakat khususnya dalam hal layanan fitur pembayaran yang semakin lengkap.

“Pengembangan fitur pembayaran layanan Samsat Online Nasional juga merupakan bagian dari strategi Perseroan untuk meningkatkan pendapatan dari pos fee based income,” ujar Febrina di sela-sela pembukaan booth<!--? Bukopinet pada acara Rakor Pembina Samsat Tingkat Nasional Selasa, 27 Agustus 2019.

Bank Bukopin menargetkan peningkatan fee based income 20%-30% dengan dioperasikannya aplikasi layanan Samsat Online Nasional.

 

Tentang Bank Bukopin

PT Bank Bukopin Tbk (“Bank Bukopin”) adalah perusahaan yang bergerak di bidang perbankan. Didirikan pada tanggal 10 Juli 1970 dengan nama Bank Umum Koperasi Indonesia, Bank Bukopin tercatat di Bursa Efek Indonesia sejak tahun 2006 dengan kode emiten BBKP.

Bank Bukopin merupakan bank yang fokus pada segmen ritel, yang terdiri dari segmen Mikro, UKM, dan Konsumer serta didukung oleh segmen Komersial. Sesuai dengan misi “Memahami dan Memberi Solusi”, Bank Bukopin senantiasa melakukan inovasi dan peningkatan layanan kepada para nasabah dengan melakukan modernisasi infrastruktur TI serta menyiapkan beragam produk dan layanan berbasis perbankan digital seperti aplikasi Bukopin Mobile, B Wallet, dan tabungan digital Wokee.

Per 31 Juli 2019, saham Bank Bukopin dimiliki oleh Bosowa Corporindo (23,4%), KB Kookmin Bank (22,0%), Koperasi Pegawai Bulog Seluruh Indonesia/KOPELINDO (5,0%), Negara RI (8,9%), dan Publik (40,7%).

Bank Bukopin beroperasi di 23 provinsi, dengan 43 kantor cabang utama, 175 kantor cabang pembantu, 100 kantor kas, dan 840 mesin ATM.

 

Untuk keterangan lebih lanjut dapat menghubungi :

Ariesyanti Budi Pratiwi Febrina Sri Wahyuni
Sekretaris Perusahaan Kepala Divisi Perbankan Digital & E- Channe
PT Bank Bukopin Tbk PT Bank Bukopin Tbk
Email: corsec@bukopin.co.id Email: febrina.wahyuni@bukopin.co.id
Telp. +6221-7988266 ext.1107 Telp. +6221-7988266
Hp. +6282110448877 Hp. +6281354600330