Bank Bukopin Dukung Polda Riau Dalam Rangka Pendistribusian Dana Penanggulangan Karhutla melalui Aplikasi Lancang Kuning

 

Pekanbaru, 4 Desember 2019 - Bank Bukopin dan Kepolisian Daerah Riau menyepakati kerja sama dalam melakukan Pendistribusian Dana Penanggulangan Bencana Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) melalui layanan yang dikembangkan dalam bentuk Virtual Account dan Cash Card berbasis rekening giro pada aplikasi Lancang Kuning.

Nota kesepakatan kerja sama tersebut ditandatangani pada hari ini oleh Kepala Kepolisian Daerah Riau Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi dan Direktur UMKM Bank Bukopin Heri Purwanto dengan disaksikan oleh jajaran pejabat kedua instansi di Markas Kepolisian Daerah Riau.

Aplikasi Lancang Kuning merupakan layanan elektronik milik Kepolisian Daerah Riau yang digunakan untuk menyalurkan dana ke Kepolisian daerah dimana lokasi karhutla terjadi.

Dana yang sudah yang disalurkan tersebut dapat ditarik oleh aparat kepolisian dimaksud dengan menggunakan kartu ATM/debit Bank Bukopin.

Aplikasi Lancang Kuning ini didukung dengan service b-Connect, yaitu service yang telah dikembangkan oleh Bank Bukopin yang dapat diintegrasikan dengan aplikasi front-end lainnya.

Direktur UMKM Bank Bukopin Heri Purwanto mengatakan melalui kerja sama yang melibatkan Kepolisian Daerah Riau dan Bank Bukopin ini, Bank Bukopin berharap dapat mempermudah penyaluran dan penarikan dana karhutla dari Kepolisian Daerah Riau ke Kepolisian setempat yang dituju.

“Layanan Lancang Kuning merupakan bagian dari sinergi Bank Bukopin dengan Kepolisian Daerah Riau dalam memberikan kelengkapan layanan digital khususnya di instansi Pemerintahan, sehingga nantinya diharapkan dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat luas,” ujar Heri hari ini.

Heri menambahkan bahwa aplikasi Lancang Kuning tersebut diharapkan dapat menjadi salah satu strategi Perseroan untuk memperkuat bisnis perbankan digital Bank Bukopin.

Bank Bukopin menargetkan peningkatan fee based income 20%-30% dengan dioperasikannya aplikasi layanan Lancang Kuning tersebut dan dapat meningkatkan pertumbuhan kartu ATM/Debit Bank Bukopin sebanyak 7.600 unit dengan teknologi Standar Nasional Teknologi Chip (SNTC).

 

Tentang Bank Bukopin

PT Bank Bukopin Tbk (“Bank Bukopin”) adalah perusahaan yang bergerak di bidang perbankan. Didirikan pada tanggal 10 Juli 1970, Bank Bukopin tercatat di Bursa Efek Indonesia sejak tahun 2006 dengan kode emiten BBKP.

Bank Bukopin merupakan bank yang fokus pada segmen ritel, yang terdiri dari segmen Konsumer dan UKM serta didukung oleh segmen Komersial. Sesuai dengan misi “Memahami dan Memberi Solusi kepada Nasabah”, Bank Bukopin senantiasa melakukan inovasi dan peningkatan layanan kepada para nasabah dengan melakukan modernisasi infrastruktur TI serta menyiapkan beragam produk dan layanan berbasis perbankan digital seperti aplikasi Bukopin Mobile, B Wallet, dan tabungan digital Wokee.

Per 30 Oktober 2019, saham Bank Bukopin dimiliki oleh Bosowa Corporindo (23,4%), KB Kookmin Bank (22,0%), Koperasi Pegawai Bulog Seluruh Indonesia/KOPELINDO (5,0%), Negara RI (8,9%), dan Publik (40,7%).

Bank Bukopin beroperasi di 23 provinsi, dengan 43 kantor cabang utama, 175 kantor cabang pembantu, 127 kantor kas, dan 832 mesin ATM.

 

Untuk keterangan lebih lanjut silahkan menghubungi:

Ariesyanti Budi Pratiwi Febrina Sri Wahyuni
Sekretaris Perusahaan Kepala Divisi Perbankan Digital & E- Channel
PT Bank Bukopin Tbk PT Bank Bukopin Tbk
Email: corsec@bukopin.co.id Email: febrina.wahyuni@bukopin.co.id
Telp. +6221-7988266 ext.1107 Telp. +6221-7988266
Hp. +6282 110448877 Hp. +6281 354600330