Klarifikasi Pemberitaan Di Cabang Kupang, KB Bukopin Tegaskan Hormati Proses Hukum

Jakarta, 18 Mei 2021 – Menanggapi pemberitaan tentang salah satu nasabah KB Bukopin cabang Kupang yang merasa dirugikan karena dana simpanannya telah dipindahkan ke rekening lain secara sepihak, berikut penjelasan resmi Perseroan.

Sebagaimana diberitakan, salah satu nasabah KB Bukopin, Rebeka Adu Tadak, melaporkan KB Bukopin Cabang Kupang atas dugaan tindakan penggelapan dana. Kronologis masalah ini bermula saat nasabah merasa dananya di KB Bukopin dipindahkan sepihak pada sekitar November 2019. Diketahui bahwa pemindahan dana nasabah ke PT. Mahkota Jupiter Investama tersebut dilakukan sesuai standar prosedur operasional dimana diinstruksikan dan diketahui oleh nasbah yang bersangkutan.

Branch Manager KB Bukopin Kupang, Lefrand Tewu, menegaskan bahwa Perseroan selalu menghormati proses hukum yang berjalan dan akan terus kooperatif dalam kasus tersebut.

“Jadi nasabah berinvestasi diproduk yang bukan produk Bank. Yang bersangkutan sendiri secara sadar mengetahui hal ini, karena nasabah hadir di acara yang di laksanakan oleh PT.MJI.” tegas Lefrand.

Sebagai bentuk kooperatif, KB Bukopin telah menyerahkan seluruh bukti transaksi, yaitu bukti perintah transfer yang ditandatangani nasabah, serta rekaman percakapan yang berisi konfirmasi pemindahan dana antara petugas bank dengan nasabah ke pihak kepolisian. “Bukti percakapan yang berisi konfirmasi bank kepada nasabah perihal instruksi pengalihan dana juga telah diserahkan dan sudah dikaji oleh Kepolisian. KB Bukopin telah menjelaskan standar prosedur operasional telah dilakukan, dimana bank melakukan konfirmasi saat menerima instruksi dari nasabah,” papar Lefrand.

Disamping itu, KB Bukopin juga telah memediasi dan memfasilitasi pertemuan antara nasabah dengan pihak PT. Mahkota Jupiter Investama. Tegas Lefrand.

Selanjutnya, VP Corporate Secretary KB Bukopin Meliawati menjelaskan bahwa perihal laporan nasabah cabang Kupang tersebut telah menjadi perhatian dan penelusuran intensif KB Bukopin. “Kami berkomitmen menjaga kepercayaan nasabah dan juga masyarakat, untuk itu berbagai tindakan yang diperlukan saat ini sudah dilakukan. Kami dengan tim Corporate Legal selalu berkoordinasi dengan Cabang Kupang serta memastikan Perseroan selalu mengormati dan mengikuti proses hukum yang sekiranya diperlukan,” jelasnya.

 

 

Tentang Bank KB Bukopin

PT Bank KB Bukopin Tbk (“Bank Bukopin”) adalah perusahaan yang bergerak di bidang perbankan. Didirikan pada tanggal 10 Juli 1970 dengan nama Bank Umum Koperasi Indonesia, Bank Bukopin tercatat di Bursa Efek Indonesia sejak tahun 2006 dengan kode emiten BBKP. Bank KB Bukopin merupakan bank yang fokus pada segmen ritel, yang terdiri dari segmen Konsumer dan UKM serta didukung oleh segmen Komersial. Sesuai dengan misi “Memahami dan Memberi Solusi kepada Nasabah”. Bank KB Bukopin senantiasa melakukan inovasi dan peningkatan layanan kepada para nasabah dengan melakukan modernisasi infrastruktur TI serta menyiapkan beragam produk dan layanan berbasis perbankan digital seperti aplikasi Bukopin Mobile dan aplikasi perbankan digital Wokee.

Per 31 Maret 2021, saham Bank Bukopin dimiliki oleh KB Kookmin Bank 67%, PT Bosowa Corporindo 10,03%, Negara Republik Indonesia 3,18% dan masyarakat mencapai 19,78%. Pada 23 Februari 2021, setelah mendapatkan persetujuan dari OJK tanggal 8 Februari 2021, Perseroan, mengumumkan perubahan nama dan logo baru dari PT. Bank Bukopin, Tbk. menjadi PT. Bank KB Bukopin, Tbk. (KB Bukopin) dengan tag line baru “ Bersama, Kita Bintang Finansialnya.”

Bank KB Bukopin beroperasi di 25 provinsi, dengan 43 kantor cabang utama, 175 kantor cabang pembantu, 162 kantor kas, 9 Kantor Fungsional, 25 Payment Point, dan 850 unit ATM, serta tergabung dalam jaringan ATM Prima dan ATM Bersama. Untuk keterangan lebih lanjut dapat menghubungi:

Meliawati

Sekretaris Perusahaan PT Bank KB Bukopin Tbk

Email: corsec@kbbukopin.com Telp. +6221-7988266

www.kbbukopin.com

Social Media @bukopinsiaga