Jelang RUPST, KB Bukopin Akan Miliki CIO Baru

Merujuk kepada laporan Keterbukaan Informasi yang disampaikan KB Bukopin di situs Bursa Efek Indonesia hari ini, salah satu Direksi Perseroan yaitu Euihyun Shin, mengundurkan diri terhitung 11 Mei 2021. Menurut Corporate Secretary Meliawati, pengunduran Direksi tersebut akan diputuskan dalam RUPS Tahunan yang sudah dijadwalkan Perseroan tanggal 17 Juni 2021, serta tidak berdampak terhadap kegiatan operasional, hukum, kondisi keuangan atau kelangsungan usaha Perseroan.

Euihyun sebelumnya merupakan Team Leader IT di KB Kookmin Bank yang dinominasikan menjadi Direktur di KB Bukopin, dan resmi disetujui pemegang saham Perseroan pada RUPSLB tanggal 25 Agustus 2020. Sejak itu, ia memimpin Direktorat Teknologi Informasi dan menjalankan program transformasi teknologi informasi di KB Bukopin, agar Perseroan beradaptasi lebih cepat dengan penerapan TI sesuai standar KB Kookmin Bank.

President Director KB Bukopin, Rivan Purwantono mengkonfirmasi hal tersebut. “Kita hargai keputusan pribadi beliau untuk kembali ke Korea, dan sangat mengapresiasi kontribusinya terhadap berbagai perbaikan TI di KB Bukopin hingga saat ini. Kami pastikan bahwa hal ini tidak berpengaruh terhadap operasional KB Bukopin, termasuk proses transformasi TI tetap berlanjut dan masih on track sesuai roadmap transformasi,” jelasnya. Seperti diketahui, perbaikan TI menjadi salah satu proses utama dalam transformasi yang dicanangkan Perseroan sejak September 2020.

Rivan juga mengingatkan bahwa perubahan susunan pengurus pada perusahaan terbuka adalah hal yang wajar. “RUPST yang kami rencanakan 17 Juni mendatang akan memutuskan beberapa agenda, dengan adanya hal ini maka KB Kookmin Bank selaku Pemegang Saham Pengendali akan mengajukan nominasi direksi baru untuk menggantikan Euihyin,” jelas Rivan.

Merujuk kepada perkembangan transformasi TI, Meli menambahkan, “Pengembangan TI menjadi salah satu fokus kami dan juga KB Kookmin Bank. Beberapa tim dari KB pusat mendampingi Chief Information Officer (CIO) dan Group TI sejak September 2020 hingga saat ini. Sehingga, berbagai improvement tetap dilanjutkan dan beberapa milestone telah dicapai. Contohnya, aplikasi digital yang sudah disesuaikan tidak hanya karena rebranding tapi juga peningkatan performa, baik tabungan digital Wokee, KB Bukopin Mobile Banking, dan yang terbaru hari ini kami juga melakukan launching aplikasi QRIS KB Bukopin,” tutupnya. 

 

 

Tentang Bank KB Bukopin

PT Bank KB Bukopin Tbk (“Bank Bukopin”) adalah perusahaan yang bergerak di bidang perbankan. Didirikan pada tanggal 10 Juli 1970 dengan nama Bank Umum Koperasi Indonesia, Bank Bukopin tercatat di Bursa Efek Indonesia sejak tahun 2006 dengan kode emiten BBKP. Bank KB Bukopin merupakan bank yang fokus pada segmen ritel, yang terdiri dari segmen Konsumer dan UKM serta didukung oleh segmen Komersial. Sesuai dengan misi “Memahami dan Memberi Solusi kepada Nasabah”. Bank KB Bukopin senantiasa melakukan inovasi dan peningkatan layanan kepada para nasabah dengan melakukan modernisasi infrastruktur TI serta menyiapkan beragam produk dan layanan berbasis perbankan digital seperti aplikasi Bukopin Mobile dan aplikasi perbankan digital Wokee.

Per 31 Maret 2021, saham Bank Bukopin dimiliki oleh KB Kookmin Bank 67%, PT Bosowa Corporindo 10,03%, Negara Republik Indonesia 3,18% dan masyarakat mencapai 19,78%. Pada 23 Februari 2021, setelah mendapatkan persetujuan dari OJK tanggal 8 Februari 2021, Perseroan, mengumumkan perubahan nama dan logo baru dari PT. Bank Bukopin, Tbk. menjadi PT. Bank KB Bukopin, Tbk. (KB Bukopin) dengan tag line baru “ Bersama, Kita Bintang Finansialnya.”

Bank KB Bukopin beroperasi di 25 provinsi, dengan 43 kantor cabang utama, 175 kantor cabang pembantu, 162 kantor kas, 9 Kantor Fungsional, 25 Payment Point, dan 850 unit ATM, serta tergabung dalam jaringan ATM Prima dan ATM Bersama. Untuk keterangan lebih lanjut dapat menghubungi:

Meliawati

Sekretaris Perusahaan PT Bank KB Bukopin Tbk

Email: corsec@kbbukopin.com Telp. +6221-7988266

www.kbbukopin.com

Social Media @bukopinsiaga