Fitch Rating Indonesia Mengafirmasi Peringkat KB Bukopin AAA

Jakarta, 2 Juli 2021 – Fitch Rating Indonesia (Fitch) memberikan afirmasi atas peringkat yang dimiliki Perseroan saat ini yaitu AAA(idn). Sebelumnya pada Oktober 2020, Fitch memperbarui peringkat Perseroan dari AA-(idn) menjadi AAA(idn), pasca selesainya transaksi peningkatan modal yang dilakukan berurutan pada Juli dan September 2020, oleh pemegang saham pengendali, KB Kookmin Bank.

 

Mengutip siaran pers Fitch Ratings, peringkat AAA(idn) yang dimiliki Perseroan saat ini menunjukkan peringkat tertinggi yang diberikan oleh Fitch untuk skala peringkat Nasional untuk negara tersebut. Peringkat ini diberikan untuk penerbit atau obligasi dengan ekspektasi risiko gagal bayar paling rendah relatif terhadap semua penerbit atau obligasi di negara atau kesatuan moneter yang sama.

 

Di sisi lain Fitch juga  menyatakan bahwa Peringkat Nasional Jangka Panjang KB Bukopin mencerminkan ekspektasi Fitch bahwa Perseroan saat ini memiliki induk yang kuat, yaitu KB Kookmin Bank yang memiliki kecenderungan tinggi untuk memberikan dukungan terhadap Perseroan.

 

KB Kookmin Bank telah mendukung arah bisnis dan fundamental Perseroan sejak bergabung pertama kali di tahun 2018 sebagai  pemegang saham terbesar kedua.

 

Sebelumnya, Pefindo selaku Pemeringkat Efek Nasional lainnya juga telah memberikan rating serupa kepada Perseroan. Pada 10 Juni 2021 Pefindo menaikkan peringkat KB Bukopin menjadi idAAA dari sebelumnya berada pada idAA.

 

Sama halnya dengan Fitch, Pefindo juga menilai dukungan yang solid dari pemegang saham, terutama KB Koomin Bank, menjadikan Perseroan memiliki prospek dan outlook stabil di skala Nasional.

 

President Director Bank Bukopin, Chang Su Choi menyatakan bahwa kepemilikan mayoritas KB Kookmin Bank terhadap Perseroan semakin meningkatkan kepercayaan publik termasuk Lembaga Pemeringkat, Fitch dan Pefindo. “Solidnya dukungan pemegang saham pengendali adalah hal penting bagi bank, termasuk bagi KB Bukopin agar dapat mengembangkan usaha dengan berkelanjutan. Pengendalian bank yang baik merupakan bentuk tanggung jawab pada masyarakat, bahwa kestabilan perbankan selalu dijaga,” ujarnya.

 

Memanfaatkan momentum ini, Chang Su Choi juga menyampaikan ambisinya untuk menjadikan Perseroan bertansformasi menjadi bank terdepan di Indonesia yang mampu memberikan pelayanan yang mudah dan nyaman sekaligus menjadi bank terdepan dalam digital banking. “Akses informasi dan transaksi yang cepat, mudah dan sederhana, adalah kunci dari pelayanan kami, termasuk menjadi prinsip pengembangan digital banking KB Bukopin, mengadopsi prinsip yang sama di KB Kookmin Bank. Saat ini kami melanjutkan penguatan teknologi informasi di KB Bukopin sehingga diharapkan segera memberi value yang terbaik bagi nasabah dan masyarakat,”ujarnya.

 

Lebih lanjut beliau mengatakan, “Peringkat tertinggi ini akan memungkinkan KB Bukopin untuk menanamkan kepercayaan yang lebih kuat di pasar, baik bagi investor, nasabah dan masyarakat luas. Kami tetap melanjutkan strategi pertumbuhan dengan komitmen kuat berdasarkan kepercayaan ini. Kami juga berharap untuk dapat memperoleh dana segar dari pasar modal dengan kondisi yang lebih kondusif melalui penerbitan obligdaasi dalam waktu dekat ini,” tutupnya.

 

 

 

 

Tentang Bank KB Bukopin

PT Bank KB Bukopin Tbk (“KB Bukopin”) adalah perusahaan yang bergerak di bidang perbankan. Didirikan pada tanggal 10 Juli 1970 dengan nama Bank Umum Koperasi Indonesia, Bank Bukopin tercatat di Bursa Efek Indonesia sejak tahun 2006 dengan kode emiten BBKP.

 

KB Bukopin merupakan bank yang fokus pada segmen ritel, yang terdiri dari segmen Konsumer dan UKM serta didukung oleh segmen Komersial. Sesuai dengan misi “Memahami dan Memberi Solusi kepada Nasabah”.

 

 

KB Bukopin senantiasa melakukan inovasi dan peningkatan layanan kepada para nasabah dengan melakukan modernisasi infrastruktur TI serta menyiapkan beragam produk dan layanan berbasis perbankan digital seperti aplikasi Bukopin Mobile dan aplikasi perbankan digital Wokee.

 

Pada 23 Februari 2021, setelah mendapatkan pernyataan efektif dari OJK, mengumumkan perubahan nama dari PT. Bank Bukopin, Tbk. menjadi PT. Bank KB Bukopin, Tbk. (KB Bukopin) dengan tag line baru “Bersama, Kita Bintang Finansialnya.”

 

Per 30 Mei 2021, saham Bank Bukopin dimiliki oleh KB Kookmin Bank 67%. PT Bosowa Corporindo 9,7%, Negara Republik Indonesia 3,18% (Sedang dalam proses pengalihan nama menjadi PT. Perusahaan Pengelolaan Aset (PPA)) dan masyarakat mencapai 20,12%.

 

KB Bukopin beroperasi di 24 provinsi, dengan 43 kantor cabang utama, 172 kantor cabang pembantu, 157 kantor kas, 9 Kantor Fungsional, 25 Payment Point, dan 845 unit ATM, serta tergabung dalam jaringan ATM Prima dan ATM Bersama.

 

Untuk keterangan lebih lanjut dapat menghubungi

 

Meliawati
Sekretaris Perusahaan/Corporate Secretary

PT. Bank KB Bukopin, Tbk.
Email: corsec@kbbukopin.com
Telp. + 6221-7988266
www.kbbukopin.com
Social Media @kbbukopin