Semangat Bertransformasi, KB Bukopin Kenalkan Susunan Pengurus Perseroan Baru

Jakarta, 19 November 2021 – PT Bank KB Bukopin Tbk (Perseroan) mengelar Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) di tahun 2021 dalam rangka perubahan susunan Manajemen Perseroan saat ini. Rapat yang digelar pada hari ini bertempat di Kantor Pusat KB Bukopin dengan menggunakan mekanisme e-RUPS.

RUPS Luar Biasa dibuka oleh Komisaris Utama Perseroan Bo Youl Oh, yang kemudian mendelegasikan kepada Komisaris Independen Stephen Liestyo untuk memimpin jalannya rapat. Agenda RUPS Luar Biasa yaitu “Perubahan Susunan Pengurus Perseroan”. Dalam mata acara rapat ini Perseroan menyampaikan pengunduran diri beberapa pengurus Perseroan, antara lain:

• Pengunduran diri Bo Youl Oh selaku Komisaris Utama Perseroan.

• Pengunduran diri Susiwijono selaku Komisaris Perseroan.

• Pengunduran diri Sapto Amal Damandari selaku Wakil Komisaris Utama Perseroan.

• Pengunduran diri Hari Wurianto selaku Direktur Perseroan.

Sementara itu, terdapat pula penambahan beberapa pengurus Perseoran, antara lain:

• Pengangkatan Jerry Marmen sebagai Komisaris Utama Perseroan.

• Pengangkatan Nam Hoon Cho sebagai Wakil Komisaris Utama Perseroan.

• Pengangkatan Sukriansyah S. Latief sebagai Komisaris Independen Perseroan.

• Pengangkatan Eugene K. Galbraith sebagai Komisaris Independen Perseroan.

• Pengangkatan Henry Sawali sebagai Direktur Perseroan.

Direktur Utama Perseroan, Chang Su Choi mengatakan keputusan rapat pada hari ini berlaku efektif setelah lulus dalam uji kepatutan dan kelayakan dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) selaku regulator. “Pengunduran diri beberapa pengurus merupakan keputusan yang telah disepakati bersama. Saat ini fokus Perseroan tetap konsisten untuk dapat menjadi pemain utama dalam bisnis perbankan di Indonesia. Kami yakin dengan susunan pengurus saat ini dapat semakin memperkuat kinerja Perseroan ke depan,” ujarnya hari ini.

"Perubahan Pengurus merupakan hal yang lumrah terjadi dalam struktur organisasi Perseroan. Aksi korporasi tersebut merupakan upaya yang ditempuh oleh perseroan untuk menjaga kepercayaan nasabah. Perseroan harus selalu bertransformasi ke arah yang lebih baik setiap tahunnya” lanjut Choi. Choi juga menegaskan bahwa mundurnya Bapak Hari Wurianto selaku Direktur Perseroan dan beliau akan mengemban amanah baru sebagai nahkoda Bank KB Bukopin Syariah merupakan suatu keharusan untuk membantu percepatan kinerja anak perusahaan.

“Saya mewakili Manajemen Perseroan mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya atas dedikasi dan kontribusi yang telah diberikan oleh Bapak Bo Youl Oh, Bapak Sapto Amal Damandari, Bapak Susiwijono dan Bapak Hari Wurianto selama menjabat di Bank KB Bukopin” lanjut Choi. “Saya juga mengucapkan selamat datang kepada jajaran Komisaris dan Direksi yang telah diangkat melalui rapat hari ini.

Semoga dengan keberagaman latar belakang yang dimiliki dari masing-masing pengurus dapat menumbuhkan kolaborasi positif untuk kinerja Perseroan” tutup Choi. Dengan keputusan tersebut, susunan pengurus Perseroan saat ini sebagai berikut:

Dewan Komisaris

Komisaris Utama : Jerry Marmen*

Wakil Komisaris Utama : Nam Hoon Cho**

Komisaris : Nanang Supriyatno*

Komisaris Independen : Stephen Liestyo

Komisaris Independen : Hae Wang Lee**

Komisaris Independen : Tippy Joesoef

Komisaris Independen : Eugene K. Galbraith**

Komisaris Independen : Sukriansyah S. Latief*

 

Direksi

Direktur Utama : Chang Su Choi**

Wakil Direktur Utama : Robby Mondong*

Direktur : Iwan Dharmawan*

Direktur : Seng Hyup Shin

Direktur : Helmi Fakhrudin

Direktur : Doddy Widjajanto

Direktur : Yohanes Suhardi*

Direktur : Henry Sawali*

 

Tentang Bank KB Bukopin

PT Bank KB Bukopin Tbk (“Bank Bukopin”) adalah perusahaan yang bergerak di bidang perbankan. Didirikan pada tanggal 10 Juli 1970 dengan nama Bank Umum Koperasi Indonesia, Bank Bukopin tercatat di Bursa Efek Indonesia sejak tahun 2006 dengan kode emiten BBKP.

Bank KB Bukopin merupakan bank yang fokus pada segmen ritel, yang terdiri dari segmen Konsumer dan UKM serta didukung oleh segmen Komersial. Sesuai dengan misi “Memahami dan Memberi Solusi kepada Nasabah”.

Bank KB Bukopin senantiasa melakukan inovasi dan peningkatan layanan kepada para nasabah dengan melakukan modernisasi infrastruktur TI serta menyiapkan beragam produk dan layanan berbasis perbankan digital seperti aplikasi Bukopin Mobile dan aplikasi perbankan digital Wokee.

Pada 23 Februari 2021, setelah mendapatkan pernyataan efektif dari OJK, mengumumkan perubahan nama dari PT. Bank Bukopin Tbk menjadi PT. Bank KB Bukopin Tbk (KB Bukopin) dengan tagline baru "Bersama, Kita Bintang Finansialnya."

Per 31 Oktober 2021, saham Bank Bukopin dimiliki oleh KB Kookmin Bank 67%, PT Perusahaan Pengelola Aset 2,08%, PT Bosowa Corporindo 0,59% dan masyarakat mencapai 30,33%.

Bank KB Bukopin beroperasi di 24 provinsi, dengan 43 kantor cabang utama, 172 kantor cabang pembantu, 144 kantor kas, 9 Kantor Fungsional, 11 Payment Point, dan 818 unit ATM, serta tergabung dalam jaringan ATM Prima dan ATM Bersama.

Untuk keterangan lebih lanjut dapat menghubungi:

Tias Hardi

Corporate Secretary Dept Head

PT. Bank KB Bukopin, Tbk.
Email: corsec@kbbukopin.com
Telp. + 6221-7988266
www.kbbukopin.com
Social Media @kbbukopin