Bank KB Bukopin Jalin Nota Kesepahaman dengan Lotte Engineering & Construction dan Construction Guarantee Cooperative Korea

Jakarta, 30 November 2021 – KB Bukopin (“Perseroan”) menjalin nota kesepahaman strategis bersama Lotte Engineering & Construction Co., Ltd. (“Lotte E&C”) dan Construction Guarantee Cooperative Korea (“CG Korea”) bertempat di Kantor Pusat Bank KB Bukopin. Aktifitas ini sebagai bentuk dukungan KB Bukopin untuk potensi pembiayaan proyek konstruksi dan perangkat pendukungnya.

Acara dihadiri oleh President Director Bank KB Bukopin Mr. Chang Su Choi, Chief Representative Lotte E&C (Kantor Perwakilan Indonesia) Mr. Si Dong Yang dan Kepala Divisi Guarantee & Insurance CG Korea Mr. Jin Hyun Kim.

President Director KB Bukopin Mr. Chang Su Choi menyampaikan, “Diharapkan melalui nota kesepahaman ini, akan tercipta sebuah sinergi yang jelas antara permintaan konstruksi yang sedang berjalan di Indonesia dengan dukungan finansial yang dapat diberikan.”

“KB Bukopin berencana untuk secara aktif mendukung proyek konstruksi yang akan digarap oleh Lotte E&C di Indonesia dan membangun sistem kerjasama yang erat dengan CG Korea.” tegas Choi.

“KB Bukopin akan memberikan berbagai macam layanan keuangan mulai dari penerbitan kontrak, advance payment guarantee yang dipersyaratkan oleh perusahaan konstruksi Korea yang hadir di Indonesia hingga dapat menyediakan Kredit Korporasi yang diperlukan. Hal ini merupakan poin penting dalam mendukung jalannya bisnis serta memberikan dukungan dalam bentuk Public-Private Partnership dan sebagainya. Nota kesepahaman ini merupakan awalan yang mengisyaratkan peranan KB Bukopin sebagai jembatan bagi perusahaan konstruksi Korea untuk pasar pembiayaan konstruksi Indonesia.” tutup Choi.

Lotte E&C adalah salah satu perusahaan konstruksi terbesar di Korea Selatan. Sementara itu, CG Korea adalah lembaga keuangan khusus konstruksi dengan keanggotaan lebih dari 13.000 perusahaan konstruksi umum di Korea.

Acara nota kepahaman diselenggarakan dan dikemas secara sederhana, hangat dan kekeluargaan tersebut tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat, dimana setiap undangan yang hadir telah dinyatakan negatif covid 19, pengaturan jarak serta kapasitas ruangan yang hanya diisi tidak sampai 50%.

PT Bank KB Bukopin Tbk dalam waktu dekat akan segera menyelesaikan Penawaran Umum Terbatas Keenam (PUT VI) melalui penerbitan saham baru dengan memberikan Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu (HMETD) kepada pemegang saham dan Perseroan mendapatkan antusiasme yang sangat baik, tingkat kepercayaan yang tinggi.

Dengan asumsi seluruh HMETD habis dieksekusi oleh pemegang saham, maka Perseroan akan memperoleh dana sebesar Rp 7 Triliun. Perseroan telah menyelesaikan periode perdagangan HMETD yang berakhir pada 26 November 2021.Dana yang diperoleh tersebut akan digunakan Perseroan untuk ekspansi bisnis.

 

Tentang Bank KB Bukopin

PT Bank KB Bukopin Tbk (“Bank Bukopin”) adalah perusahaan yang bergerak di bidang perbankan. Didirikan pada tanggal 10 Juli 1970 dengan nama Bank Umum Koperasi Indonesia, Bank Bukopin tercatat di Bursa Efek Indonesia sejak tahun 2006 dengan kode emiten BBKP.

Bank KB Bukopin merupakan bank yang fokus pada segmen ritel, yang terdiri dari segmen Konsumer dan UKM serta didukung oleh segmen Komersial. Sesuai dengan misi “Memahami dan Memberi Solusi kepada Nasabah”.

Bank KB Bukopin senantiasa melakukan inovasi dan peningkatan layanan kepada para nasabah dengan melakukan modernisasi infrastruktur TI serta menyiapkan beragam produk dan layanan berbasis perbankan digital seperti aplikasi Bukopin Mobile dan aplikasi perbankan digital Wokee.

Pada 23 Februari 2021, setelah mendapatkan pernyataan efektif dari OJK, mengumumkan perubahan nama dari PT. Bank Bukopin Tbk menjadi PT. Bank KB Bukopin Tbk (KB Bukopin) dengan tagline baru "Bersama, Kita Bintang Finansialnya."

Per 30 Oktober 2021, saham Bank Bukopin dimiliki oleh KB Kookmin Bank 67%, PT. Perusahaan Pengelolaan Aset (PPA) dan masyarakat mencapai 2,08%, Publik 30,92%.

Bank KB Bukopin beroperasi di 24 provinsi, dengan 379 outlet dan 795 unit ATM, serta tergabung dalam jaringan ATM Prima dan ATM Bersama.

 

Untuk keterangan lebih lanjut dapat menghubungi:

Tias Hardi

Corporate Secretary Dept Head

PT. Bank KB Bukopin, Tbk.
Email: corsec@kbbukopin.com
Telp. + 6221-7988266
www.kbbukopin.com
Social Media @kbbukopin