Sukses Jalankan Transformasi, Direktur Strategi KB Bukopin Dapat Tugas Baru di Korea

Jakarta, 30 Desember 2021 – Bank KB Bukopin (“Perseroan) menginformasikan pengunduran diri salah satu Pengurus Perseroan yaitu Bapak Ji Kyu Jang selaku Direktur Strategi melalui keterbukaan informasi pada wesite bursa dan website perseroan www.kbbukopin.com pada 29 Desember 2021. Bapak Ji Kyu Jang mendapatkan penugasan dari KB Kookmin Bank untuk kembali ke Korea.

President Director, Chang Su Choi menyampaikan, “Saya mewakili Manajemen Perseroan mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya atas dedikasi dan kontribusi yang telah diberikan oleh Bapak Ji Kyu Jang selama menjabat di KB Bukopin”.

Sebagai Informasi Perseroan telah berhasil merampungkan salah satu aksi korporasi terbesar dalam hal penambahan modal melalui skema Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu (HMETD). Adapun periode perdagangan dan hak exercise bagi seluruh pemegang saham existing dilaksanakan dari 22 November 2021 hingga 26 November 2021. Dalam Penawaran Umum Terbatas (PUT) VI, Perseroan menerbitkan 35.214.288.984 lembar saham seri B dengan nilai perdagangan sebesar Rp200 per lembar saham atau senilai Rp7.042.857.796.800 untuk dana yang berhasil dihimpun. Namun demikian atas penerbitan sejumlah saham baru tersebut, Perseroan berhasil membukukan pesanan dengan nominal melebihi ekspektasi anggaran yang telah ditentukan tersebut.

Perseoran memang telah melakukan beberapa aksi korporasi penting di tahun 2021 dan saat ini sedang bersiap menyambut tahun 2022 dengan penuh semangat dan optimistisme. Beberapa strategi di tahun depan yang akan dijalankan oleh Perseroan yaitu TURN AROUND Strategi (Transformation, Undercut Cost, Risk Manage, dan New Digital). Perseroan akan membangun struktur keuangan yang berkelanjutan, dengan kompetensi sumber daya manusia yang berdaya saing, dan budaya perusahaan yang beretika. Melalui ketiga hal tersebut, bisnis Perseoran akan tumbuh secara berkelanjutan dengan fokus pada Good Bank yang didukung oleh perbaikan IT infrastruktur dan digital innovation.

Dengan memanfaatkan keahlian KB Kookmin Bank dalam bidang teknologi, Perseoran akan menjalani proses transformasi dengan membangun sistem keuangan handal berbasis pelanggan langkah Perseroan selanjutnya yaitu membangun ekosistem nasabah mass affluent dengan beragam layanan produk ritel dan memanfaatkan digital banking.

Selain itu Perseroan telah menyediakan end-to-end business model untuk UKM yang berbasis risiko, untuk Kredit Korporasi akan dilakukan secara selektif melalui Kredit Value Chain Indo-Korea disertai dengan cross selling product bank lainnya. Untuk mendukung hal tersebut Perseroan tengah mengembangkan infrastruktur IT yang baru yang disebut NGBS. “Pengembangan infrastruktur IT ini bertujuan untuk meningkatkan layanan yang Customer Oriented, Digital, dan Efisien.” Tegas Choi.

Disamping itu, untuk mendukung branding dan komunikasi pemasaran, KB Bukopin diketahui telah menggandeng girlband asal Korea, Aespa. “Aespa adalah idola baru dari korea. Kami telah bersepakat dengan SM Management, selaku manajemen Aespa. Saat ini beberapa program pemasaran tengah dibuat terkait pemilihan Aespa sebagai Brand Ambasador KB Bukopin yang baru. Beberapa materi branding dengan Aespa juga tengah kami produksi.” tutup Choi yang secara resmi telah dinyatakan memenuhi syarat penilaian kemampuan dan kepatutan selaku Direktur Utama PT. Bank KB Bukopin Tbk dari Otoritas Jasa Keuangan.

 

Tentang Bank KB Bukopin

PT Bank KB Bukopin Tbk (“KB Bukopin”) adalah perusahaan yang bergerak di bidang perbankan. Didirikanpada tanggal 10 Juli 1970 dengan nama Bank Umum Koperasi Indonesia, Bank Bukopin tercatat di Bursa Efek Indonesia sejak tahun 2006 dengan kode emiten BBKP.

Bank KB Bukopin merupakan bank yang fokus pada segmen ritel, yang terdiri dari segmen Konsumer dan UKMserta didukung oleh segmen Komersial. Sesuai dengan misi “Memahami dan Memberi Solusi kepada Nasabah”.

Bank KB Bukopin senantiasa melakukan inovasi dan peningkatan layanan kepada para nasabah dengan melakukan modernisasi infrastruktur TI serta menyiapkan beragam produk dan layanan berbasis perbankan digital seperti aplikasi Bukopin Mobile dan aplikasi perbankan digital Wokee.

Pada 23 Februari 2021, setelah mendapatkan pernyataan efektif dari OJK, mengumumkan perubahan nama dari PT.Bank Bukopin Tbk menjadi PT. Bank KB Bukopin Tbk (KBBukopin) dengan tagline baru "Bersama, Kita Bintang Finansialnya."

Komposisi setelah pelaksanaan PUT VI, saham Bank KB Bukopin dimiliki oleh KB Kookmin Bank 67%, Negara melalui PT. Perusahaan Pengelolaan Aset (PPA) 1% dan publik mencapai 32%.

Bank KB Bukopin beroperasi di 24 provinsi, dengan 379 outlet dan 795 unit ATM, serta tergabung dalam jaringan ATM Prima dan ATM Bersama.

 

Untuk keterangan lebih lanjut dapat menghubungi:

Tias Hardi

Corporate Secretary Dept Head

corsec@kbbukopin.com

+ 6221-7988266

www.kbbukopin.com