KB Bukopin Dukung Penjualan Hyundai di Indonesia

Jakarta, 18 Februari 2022 – PT Bank KB Bukopin Tbk (“Perseroan”) melalui Cabang Palembang secara resmi telah menjalin kerjasama dengan dealer Hyundai Motor Indonesia cabang Palembang dalam hal pembiayaan purchase order unit kendaraan ke ATPM Hyundai Indonesia. Melalui kerjasama tersebut Perseroan memberikan plafond pembiayaan senilai Rp30 Miliar untuk periode satu tahun ke depan.

Presiden Direktur Chang Su Choi menyampaikan bahwa “Kerjasama yang terjalin antara Perseroan dan Hyundai Motor Indonesia pada awal tahun 2022 ini, merupakan sebagai langkah awal kedua belah pihak dalam kolaborasi pembiyaan kendaraan bermotor. Kedepannya KB Bukopin akan memberikan pembiayaan kepada setiap dealer Hyundai yang beroperasi di Indonesia”.

Hyundai Motor Indonesia merupakan dealer resmi penjualan kendaraan brand mobil asal Korea Selatan. Seperti diketahui saat ini Hyundai merupakan pionir dari mobil listrik yang paling terjangkau bagi pasar Indonesia melalui produk Hyundai Kona dan Hyundai Ioniq.

Sebagai informasi, kerjasama yang terjalin tersebut merupakan layanan Perseroan kepada pelaku usaha di bidang otomotif dalam hal pembiayaan melalui skema Dealer Financing. Dealer Financing merupakan skema pembiayaan untuk dealer yang memiliki eksklusif agreement dengan ATPM untuk penjualan kendaraan baru. Saat ini ATPM yang sudah bekerja sama dengan KB Bukopin adalah Hyundai Motor Indonesia.

“Melalui skema pembiayaan Dealer Financing, Perseroan berharap dapat berkontribusi terhadap pertumbuhan keberlanjutan ekonomi di Tanah Air dalam bidang otomotif, khususnya roda empat. Pasalnya, Industri otomotif roda empat merupakan salah satu sektor andalan yang memiliki kontribusi cukup besar terhadap perekonomian Nasional. Menurut data yang dilansir Gaikindo, saat ini terdapat 22 Perusahaan industri otomotif roda empat yang memberikan dampak luas terhadap lebih dari 1,5 juta pekerja di sepanjang rantai industry tersebut” lanjut Choi.

Perseroan tahun 2022 ini memang sedang gencar melakukan ekspansi ke berbagai sektor bisnis. Hal ini sesuai dengan rencana bisnis 2022 yang sebelumnya telah disampaikan pada paparan publik Perseroan tanggal 17 Desember 2021. Pada segmen retail Bank akan membangun ekosistem nasabah mass affluent untuk hubungan jangka panjang dengan beragam layanan produk ritel dan memanfaatkan digital banking. Pada segmen SME, Bank akan menyediakan end to end business model yang berbasis risiko. Pada segmen korporasi Bank akan mengoptimalkan peluang bisnis baru dengan memanfaatakan jaringan bisnis Indo-Korean (Korean Desk) melalui perusahaan besar sebagai anchor company untuk membangun ekosistem value chain & supply chain yang spesifik (tailored) yang akan dikolaborasikan melalui cross selling produk consumer atau SME.

 

Tentang Bank KB Bukopin

PT Bank KB Bukopin Tbk (“KB Bukopin”) adalah perusahaan yang bergerak di bidang perbankan. Didirikanpada tanggal 10 Juli 1970 dengan nama Bank Umum Koperasi Indonesia, Bank Bukopin tercatat di Bursa Efek Indonesia sejak tahun 2006 dengan kode emiten BBKP.

Bank KB Bukopin merupakan bank yang fokus pada segmen ritel, yang terdiri dari segmen Konsumer dan UKMserta didukung oleh segmen Komersial. Sesuai dengan misi “Memahami dan Memberi Solusi kepada Nasabah”.

Bank KB Bukopin senantiasa melakukan inovasi dan peningkatan layanan kepada para nasabah dengan melakukan modernisasi infrastruktur TI serta menyiapkan beragam produk dan layanan berbasis perbankan digital seperti aplikasi Bukopin Mobile dan aplikasi perbankan digital Wokee.

Pada 23 Februari 2021, setelah mendapatkan pernyataan efektif dari OJK, mengumumkan perubahan nama dari PT.Bank Bukopin Tbk menjadi PT. Bank KB Bukopin Tbk (KBBukopin) dengan tagline baru "Bersama, Kita Bintang Finansialnya."

Komposisi setelah pelaksanaan PUT VI, saham Bank KB Bukopin dimiliki oleh KB Kookmin Bank 67%, Negara melalui PT. Perusahaan Pengelolaan Aset (PPA) 1% dan publik mencapai 32%.

Bank KB Bukopin beroperasi di 24 provinsi, dengan 379 outlet dan 795 unit ATM, serta tergabung dalam jaringan ATM Prima dan ATM Bersama.

Perseroan tahun 2022 ini memang sedang gencar melakukan ekspansi ke berbagai sektor bisnis. Hal ini sesuai dengan rencana bisnis 2022 yang sebelumnya telah disampaikan pada paparan publik Perseroan tanggal 17 Desember 2021.

Pada segmen retail Bank akan membangun ekosistem nasabah mass affluent untuk hubungan jangka panjang dengan beragam layanan produk ritel dan memanfaatkan digital banking. Pada segmen SME, Bank akan menyediakan end to end business model yang berbasis risiko. Pada segmen korporasi Bank akan mengoptimalkan peluang bisnis baru dengan memanfaatakan jaringan bisnis Indo-Korean (Korean Desk) melalui perusahaan besar sebagai anchor company untuk membangun ekosistem value chain & supply chain yang spesifik (tailored) yang akan dikolaborasikan melalui cross selling produk consumer atau SME.

 

Untuk keterangan lebih lanjut dapat menghubungi:

Slamet H.Pradhana

Corporate Secretary

corsec@kbbukopin.com

+ 6221-7988266

www.kbbukopin.com