Sukses Bawa KB Bukopin Membaik dan aespa Menjadi Brand Ambassador, Direktur Utama KB Bukopin Dipanggil Kembali Ke Korea Selatan

Jakarta, 26 April 2022 – PT. Bank KB Bukopin, Tbk. (“Perseroan) menginformasikan pengunduran diri salahsatu Pengurus yaitu Bapak Chang Su Choi selaku Direktur Utama pada IDX.Net pada tanggal 26 April 2022 sebagai keterbukaan informasi kepada masyarakat.

Setelah resmi menyandang nama baru pasca pengumuman publik 23 Februari 2021, KB Bukopin terus melakukan pembenahan dan inovasi guna mencapai target besar di 2025 yang didukung penuh oleh Pemegang Saham Pengendali KB Kookmin Bank dan ultimate shareholder KB Financial Group.

Semenjak dipercaya menjadi Direktur Utama Perseroan pada Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (“RUPST”) tanggal 17 Juni 2021, Chang Su Choi telah memberikan banyak perubahan signifikan pada Perseroan. Pada akhir tahun 2021, Choi sukses meningkatkan pendapatan bunga bersih Perseroan sebesar 39,76% atau Rp236 Miliar. Selain itu, Choi juga berhasil membawa Korean Link Business KB Bukopin menjadi salah satu produk paling potensial yang dimiliki oleh KB Bukopin, penghimpunan dana (funding) Korean Link Business posisi 31 Desember 2021 mencapai Rp 7,82 triliun dengan pertumbuhan yoy Rp6,31 triliun atau 395,8%, serta total penyaluran kredit mencapai Rp420 miliar.

Selanjutnya pada kepemimpinan Choi juga, KB Bukopin sukses menjalankan aksi korporasi Penawaran Umum Terbatas VI (“PUT VI”) dalam rangka penguatan fundamental modal Perseroan melalui skema Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu (HMETD). Adapun periode perdagangan dan hak exercise bagi seluruh pemegang saham existing telah dilaksanakan mulai 22 November 2021 sampai dengan 26 November 2021.

Pada PUT VI tersebut, Perseroan telah menerbitkan 35.214.288.984 saham seri B dengan nilai perdagangan sebesar Rp200 per saham atau senilai Rp7.042.857.796.800 untuk dana yang berhasil dihimpun. Namun demikian atas penerbitan sejumlah saham baru tersebut, Perseroan berhasil membukukan pesanan dengan nominal melebihi ekspektasi anggaran yang telah ditentukan. Perseroan juga memperoleh kelebihan pesanan (over subscribe) senilai Rp764.596.208.400, hal tersebut mencerminkan antusiasme calon investor terhadap kredibilitas Perseroan dan kepemimpinan Choi dalam memberikan investment value.

Selanjutnya yang paling membanggakan yaitu Choi telah berhasil membawa aespa menjadi Brand Ambassador Bank KB Bukopin di Indonesia, dengan mengusung tema “The Next Level Banking”, Choi berusaha memberikan image positif yang lebih segar untuk KB Bukopin. Choi menilai bahwa aespa adalah girlband potensial yang dapat merepsentasikan generasi millenial dan memiliki influence serta fanbase besar untuk mempromosikan suatu brand maupun produk di Indonesia.

Chang Su Choi merupakan salah satu bagian penting dari rangkaian proses transformasi yang dijalankan oleh KB Bukopin. Sebagai Direktur Utama, beliau telah berhasil meletakan landasan fundamental bagi KB Bukopin untuk melangkah lebih jauh.

Proses transformasi akan berlanjut pada tahapan selanjutnya sesuai yang direncanakan, KB Bukopin memiliki team yang berkompeten untuk dapat melakukan perubahan-perubahan yang ditargetkan. Bank KB Bukopin tetap fokus pada pencapaian menjadi 10 Bank Terbesar di Indonesia.

Saat ini fokus KB Bukopin tetap konsisten untuk dapat menjadi pemain utama dalam bisnis perbankan di Indonesia. Memasuki tahun 2022 kondisi ini sudah membaik, dan transformasi yang dilakukan sudah on track dan sesuai dengan business plan yang telah dirancang hingga 2025.

 

Tentang KB Bukopin

PT Bank KB Bukopin Tbk (“Perseroan”) adalah perusahaan yang bergerak di bidang perbankan. Bank Bukopin (sekarang: KB Bukopin) didirikan pada tanggal 10 Juli 1970 dan dikenal sebagai Bank Umum Koperasi Indonesia.

Pada 23 Februari 2021, setelah mendapatkan pernyataan efektif dari OJK, Perseroan mengumumkan perubahan nama dari PT Bank Bukopin Tbk menjadi PT Bank KB Bukopin Tbk. 

Mengusung tagline “Bersama, Kita Bintang Finansialnya”, KB Bukopin bertekad mewujudkan visi menjadi Top 10 bank di Indonesia.

Komposisi setelah pelaksanaan Penawaran Umum Terbatas (PUT) VI, komposisis kepemilikan saham KB Bukopin yaitu KB Kookmin Bank sebesar 67%, PT. Perusahaan Pengelolaan Aset (PPA) 1% dan publik 32%.

Bank KB Bukopin beroperasi di 24 provinsi, dengan 344 outlet dan 572 unit ATM, serta tergabung dalam jaringan ATM Prima dan ATM Bersama.

 

Slamet H.Pradhana

Corporate Secretary Department Head

 

Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi:

Korespondensi Email: corsec@kbbukopin.com

Alamat: Jl. MT. Haryono Kav. 50-51, Tebet, Pancoran, Jakarta Selatan 12270 

Produk dan Layanan (Informasi & Pengaduan) Email: customer_care@kbbukopin.com ; customerservicecc@kbbukopin.com (hanya untuk kartu kredit)

Call Center: Halo KB Bukopin 14005

Website: www.kbbukopin.com

Telepon: +6221-7988266