Dinilai Miliki Posisi Kuat di Industri, PEFINDO Kembali Tetapkan Peringkat idAAA untuk Bank KB Bukopin

Jakarta, 13 Juni 2022 – PT Pemeringkat Efek Indonesia (“PEFINDO”) mempertahankan peringkat idAAA untuk PT Bank KB Bukopin Tbk (“Perseroan”) pada Juni 2022. Dari hasil pemeringkatan tersebut, rating korporasi Perseroan yaitu idAAA atau tidak berubah dari peringkat sebelumnya pada Juni 2021.

PEFINDO memberikan peringkat idAAA untuk General Obligation (“GO”) dan idAA untuk SR Sub. Debt II/2015 dengan prospek peringkat Perseroan adalah stabil. Sebagai informasi, prospek stabil dimaknai dengan memiliki kemampuan yang sangat kuat untuk memenuhi komitmen keuangan jangka panjang dibandingkan terhadap obligor Indonesia lainnya. Pemeringkatan atas Perseroan berlaku untuk periode 10 Juni 2022 hingga 1 Juni 2023.

Obligor berperingkat idAAA merupakan peringkat tertinggi yang diberikan oleh PEFINDO. Kemampuan obligor untuk memenuhi komitmen keuangan jangka panjangnya, relatif terhadap obligor Indonesia lainnya, adalah superior.

Sedangkan untuk efek utang dengan peringkat idAA memiliki sedikit perbedaan dengan peringkat tertinggi yang diberikan, dan kemampuan obligor untuk memenuhi komitmen keuangan jangka panjang atas efek utang tersebut, dibandingkan obligor lain sangat kuat.

Menurut informasi dari PEFINDO, “Peringkat yang diterima Perseroan tahun ini didorong oleh dukungan yang sangat kuat dari KB Koomin Bank, posisi pasar yang kuat di industri perbankan, dan tingkat permodalan yang kuat.”

Direktur Keuangan KB Bukopin Seng Hyup Shin menyampaikan bahwa “Dengan diraihnya peringkat idAAA dari PEFINDO untuk Bank KB Bukopin merefleksikan konsistensi dan komitmen Perusahaan yang secara menyeluruh telah berupaya melakukan peningkatan kinerja di setiap tahunnya.”

PEFINDO merupakan institusi pemeringkat terkemuka dan terpercaya di Indonesia. Setiap tahun surat peringkat akan diperbaharui oleh PEFINDO dengan cara memonitor peringkat secara periodik.

 

Tentang KB Bukopin

PT Bank KB Bukopin Tbk (“Perseroan”) adalah perusahaan yang bergerak di bidang perbankan. Bank Bukopin (sekarang: KB Bukopin) didirikan pada tanggal 10 Juli 1970 dan dikenal sebagai Bank Umum Koperasi Indonesia.

Pada 23 Februari 2021, setelah mendapatkan pernyataan efektif dari OJK, Perseroan mengumumkan perubahan nama dari PT Bank Bukopin Tbk menjadi PT Bank KB Bukopin Tbk.

Mengusung tagline “Bersama, Kita Bintang Finansialnya”, KB Bukopin bertekad mewujudkan visi menjadi Top 10 bank di Indonesia.

Komposisi setelah pelaksanaan Penawaran Umum Terbatas (PUT) VI, komposisis kepemilikan saham KB Bukopin yaitu KB Kookmin Bank sebesar 67%, PT. Perusahaan Pengelolaan Aset (PPA) 1% dan publik 32%.

Bank KB Bukopin beroperasi di 24 provinsi, dengan 344 outlet dan 572 unit ATM, serta tergabung dalam jaringan ATM Prima dan ATM Bersama.

 

Slamet H.Pradhana

Corporate Secretary Department Head

 

Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi:

Korespondensi Email: corsec@kbbukopin.com

Alamat: Jl. MT. Haryono Kav. 50-51, Tebet, Pancoran, Jakarta Selatan 12270 

Produk dan Layanan (Informasi & Pengaduan) Email: customer_care@kbbukopin.com ; customerservicecc@kbbukopin.com (hanya untuk kartu kredit)

Call Center: Halo KB Bukopin 14005

Website: www.kbbukopin.com

Telepon: +6221-7988266