Tahun 2022 KB Bukopin Terus Berbenah, Turunkan Bad Loan dan Jadi Profitable Bank di Tahun 2023

Jakarta, 29 Juli 2022 – PT Bank KB Bukopin Tbk (“Perseroan) secara resmi telah mempublikasi laporan keuangan di semester 1 tahun 2022 pada halaman website resmi Perseroan dan surat kabar. Secara umum Perseroan konsisten menunjukkan komitmen pemulihan kinerja melalui penyelesaian kredit bermasalah melalui berbagai strategi, salah satunya berhasil memangkas kredit macet dengan melakukan transaksi penjualan NPL dan kredit berisiko senilai USD 183 Juta pada akhir Juni 2022 lalu. Hal ini terlihat dari penurunan nilai NPL secara yoy turun menjadi 3,96% per Juni 2022.

Perseroan secara khusus melakukan berbagai langkah perbaikan, diantaranya membentuk unit Special Aset management (SAM) yang akan fokus mengelola Bad Loan dengan melakukan collection secara intensif, upaya penyehatan melalui restrukturisasi, Due Payment Date (DPD) management, percepatan penyelesaian melalui litigasi/non litigasi, AYDA dan Write Off.

Direktur Keuangan Bank KB Bukopin Seng Hyup Shin menyampaikan bahwa “Seluruh stakeholder tidak perlu khawatir dengan kinerja Bank KB Bukopin saat ini, sesuai rencana Perseroan pada tahun 2022 ini kami berada fase pemulihan kondisi Perseroan khususnya dalam penyelesaian kredit bermasalah secepat mungkin. Hal tersebut dilakukan agar kedepan KB Bukopin memiliki struktur keuangan yang lebih sehat dan lebih layak dengan profil risiko yang lebih baik, sehingga dapat berkonsentrasi dan mengalokasikan sumber daya untuk rnengembangkan kompetensi dan mempercepat pertumbuhan bisnis, serta memberikan nilai tambah bagi semua pemangku kepentingan.”

Target selanjutnya yaitu tetap konsisten dalam pengembangan bisnis terutama pada segmen SME dan Ritel, serta dukungan dari pengembangan digitalisasi TI maka dalam jangka menengah diharapkan pertumbuhan bisnis semakin menuju arah yang stabil untuk mencapai profitabilitas yang berkesinambungan.

Perseroan secara nyata mulai merealisasikan tujuan untuk menjadi bank yang bebas dari bad loan dan menjadi clean bank. KB Bukopin pada akhir Juni 2022 telah melakukan transaksi penjualan Non-Performing Loan (NPL) dan kredit berisiko (Loan at Risk/ LAR) sebanyak 180 debitur dengan nilai Original Pricipal Balance (OPB) sebesar Rp 4,14 Triliun.

Perbaikan rasio keuangan terutama dari sisi kualitas kredit diharapkan akan menunjukkan perkembangan yang signifikan pada masa yang akan datang seiring dengan rencana Perseroan untuk melakukan langkah-langkah penjualan kredit dan AYDA secara bulk sales. Rasio rentabilitas diharapkan terus menunjukkan perbaikan seiring pertumbuhan kredit baru yang berkualitas dengan komposisi pertumbuhan yang didominasi pada segmen Ritel.

“Tahun ini KB Bukopin memang sangat fokus menciptakan bank yang bebas dari bad loan menjadi clean bank pada tahun 2023. KB Bukopin berencana memperkuat fungsi special assset management sehingga ke depannya diharapkan akan dapat menangani kredit bermasalah secara cepat” tutup Shin.

 

Tentang KB Bukopin

PT Bank KB Bukopin Tbk (“Perseroan”) adalah perusahaan yang bergerak di bidang perbankan. Bank Bukopin (sekarang: KB Bukopin) didirikan pada tanggal 10 Juli 1970 dan dikenal sebagai Bank Umum Koperasi Indonesia.

Pada 23 Februari 2021, setelah mendapatkan pernyataan efektif dari OJK, Perseroan mengumumkan perubahan nama dari PT Bank Bukopin Tbk menjadi PT Bank KB Bukopin Tbk.

Mengusung tagline “Bersama, Kita Bintang Finansialnya”, KB Bukopin bertekad mewujudkan visi menjadi Top 10 bank di Indonesia.

Komposisi setelah pelaksanaan Penawaran Umum Terbatas (PUT) VI, komposisis kepemilikan saham KB Bukopin yaitu KB Kookmin Bank sebesar 67%, PT. Perusahaan Pengelolaan Aset (PPA) 1% dan publik 32%.

Bank KB Bukopin beroperasi di 24 provinsi, dengan 344 outlet dan 572 unit ATM, serta tergabung dalam jaringan ATM Prima dan ATM Bersama.

 

Slamet H.Pradhana

Corporate Secretary Department Head

 

Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi:

Korespondensi Email: corsec@kbbukopin.com

Alamat: Jl. MT. Haryono Kav. 50-51, Tebet, Pancoran, Jakarta Selatan 12270 

Produk dan Layanan (Informasi & Pengaduan) Email: customer_care@kbbukopin.com ; customerservicecc@kbbukopin.com (hanya untuk kartu kredit)

Call Center: Halo KB Bukopin 14005

Website: www.kbbukopin.com

Telepon: +6221-7988266