Bank KB Bukopin dan EY Indonesia Jalin Kerjasama Pelaksanaan Proyek Next Banking Generation Banking System (NGBS)

Jakarta, 26 Agustus 2022 - Bank KB Bukopin mendapat bantuan dari EY Indonesia yang bertindak sebagai Project Management Office (PMO) eksternal dalam pelaksanaan proyek NGBS yang saat ini sudah mulai dilaksanakan.

Proyek NGBS merupakan Proyek Transformasi Sistem TI dan bisnis Bank KB Bukopin secara menyeluruh untuk menyediakan pelayanan yang terpusat pada nasabah dan memperbaharui sistem untuk mendukung kebutuhan bisnis lebih baik di masa depan serta secara agresif memenuhi kebutuhan di pasar perbankan sehingga dapat mewujudkan visi Bank KB Bukopin sebagai Top 10 Bank di Indonesia.

Dalam implementasi Proyek NGBS, EY berkomitmen untuk mendukung KB Bukopin dalam perjalanan transformasi ini dengan mendukung pengelolaan perencanaan yang menyeluruh, memastikan eksekusi yang koheren dan efisien serta secara proaktif membantu KB Bukopin mengidentifikasi potensi isu dan resiko yang muncul selama keseluruhan proses implementasi mulai dari tahap inisiasi hingga implementasi dan operasional cutover.

Kerjasama yang terjalin tersebut ditandai dengan penandatanganan perjanjian kerjasama antara Perseroan dan EY Indonesia pada Jumat, 26 Agustus 2022 bertempat di Kantor Pusat Bank KB Bukopin. Turut hadir dalam peresmian tersebut perwakilan dari Bank KB Bukopin yaitu Direktur Operasi Helmi Fahrudin, didampingi oleh Kepala Departemen Teknologi Baru Haris Budiman, Kepala Departemen Transformasi Bohan Kesuma beserta jajaran manajemen lainnya. Sedangkan dari pihak EY Indonesia dihadiri oleh FSO Consulting Service Lead Evan Wiradharma, beserta jajaran management lainnya.

Helmi Fahrudin menyampaikan bahwa “Proyek NGBS merupakan Proyek Transformatif KB Bukopin dengan cakupan tidak hanya sebatas pada pergantian Core Banking System, tetapi juga berbagai surrounding system-nya seperti Loan Origination System, Treasury, Foreign Exchange, Data Warehouse, Digital Product dan berbagai sistem lain yang tidak hanya meningkatkan produktivitas karyawan, selain itu juga memberikan manfaat maksimal kepada nasabah Bank KB Bukopin dengan berbagai pengalaman finansial yang komprehensif."

Kerja sama antara KB Bukopin dengan EY Indonesia sebagai PMO Eksternal dalam rangka memenuhi regulasi OJK yang dituangkan dalam POJK No.38/POJK.03/2016 perihal Penerapan Manajemen Risiko dalam Penggunaan TI oleh Bank Umum tentang Proses Manajemen Risiko Terkait Teknologi Informasi yang menyatakan pentingnya menerapkan manajemen proyek dan pengelolaan risiko yang baik untuk menghasilkan sistem dan data yang terjaga kerahasiaannya, terintegrasi serta mendukung pencapaian tujuan Bank.

Evan Wiradharma, FSO Consulting Services Lead, menambahkan bahwa proyek NGBS ini sebagai inisiatif yang sangat baik, yang akan memberikan manfaat kepada nasabah bank KB Bukopin dengan produk dan services lebih baik. Dan juga proyek ini akan memperkuat daya saing Bank KB Bukopin sehingga turut memperkuat industri perbankan di Indonesia. EY berkomitmen dalam kapasitasnya sebagai PMO untuk mendukung menyukseskan pelaksanaan proyek NGBS ini.

Diharapkan dengan adanya kerja sama antara KB Bukopin dengan EY dapat mendukung proyek NGBS sehingga proses implementasi dapat berjalan dengan lebih ancar dan dapat membuahkan hasil yang baik seperti yang diharapkan.

 

Tentang KB Bukopin

PT Bank KB Bukopin Tbk (“Perseroan”) adalah perusahaan yang bergerak di bidang perbankan. Bank Bukopin (sekarang: KB Bukopin) didirikan pada tanggal 10 Juli 1970 dan dikenal sebagai Bank Umum Koperasi Indonesia.

Pada 23 Februari 2021, setelah mendapatkan pernyataan efektif dari OJK, Perseroan mengumumkan perubahan nama dari PT Bank Bukopin Tbk menjadi PT Bank KB Bukopin Tbk.

Mengusung tagline “Bersama, Kita Bintang Finansialnya”, KB Bukopin bertekad mewujudkan visi menjadi Top 10 bank di Indonesia.

Komposisi setelah pelaksanaan Penawaran Umum Terbatas (PUT) VI, komposisis kepemilikan saham KB Bukopin yaitu KB Kookmin Bank sebesar 67%, PT. Perusahaan Pengelolaan Aset (PPA) 1% dan publik 32%.

Bank KB Bukopin beroperasi di 24 provinsi, dengan 344 outlet dan 572 unit ATM, serta tergabung dalam jaringan ATM Prima dan ATM Bersama.

 

Slamet H.Pradhana

Corporate Secretary Department Head

 

Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi:

Korespondensi Email: corsec@kbbukopin.com

Alamat: Jl. MT. Haryono Kav. 50-51, Tebet, Pancoran, Jakarta Selatan 12270 

Produk dan Layanan (Informasi & Pengaduan) Email: customer_care@kbbukopin.com ; customerservicecc@kbbukopin.com (hanya untuk kartu kredit)

Call Center: Halo KB Bukopin 14005

Website: www.kbbukopin.com

Telepon: +6221-7988266